Hasil UASBN Dinilai Cukup Membanggakan

Hasil Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) SD akan diumumkan Sabtu hari ini. Hanya saja, angka kelulusan SD belum bisa dihitung jumlahnya, sebab penentuan kelulusan diserahkan penuh kepada sekolah.

Sementara pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang tidak berhak menentukan. Sekalipun, seluruh nilai UASBN sudah dikirimkan ke masing-masing sekolah.

Menurut Kabid Pendidikan Dasar Disdik Kota Malang, Dra Siti Masruroh, kriteria kelulusan siswa ditetapkan melalui jalur rapat dewan guru dengan mempertimbangkan nilai minimum setiap mata pelajaran yang diujikan, dan nilai rata-rata ketiga mata pelajaran tersebut.

‘’Kelulusan UASBN ini hanya salah satu pertimbangan untuk penentuan kelulusan. Sebab masih ada faktor lain yang harus diperhatikan untuk menentukan apakah yang bersangkutan lulus atau tidak,’’ ungkapnya.

Titik, panggilan akrabnya menuturkan, pertimbangan lain yang harus diperhatikan, diantaranya adalah nilai rapor siswa, nilai ujian sekolah, dan sikap. Termasuk perilaku, budi pekerti dan ahlak peserta didik.
Sehingga dari ketentuan yang diatur Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) itu, nilai UASBN bukan menjadi acuan utama penentuan kelulusan tersebut.

Sementara tahun lalu, model kelulusan siswa SD dilakukan melalui Ujian Pengendali Mutu (UPM), yang diseleksi oleh Kota Malang sesuai dengan standar Kota Malang.

Tahun ini Kota Malang cukup berbangga dengan nilai UASBN SD. Sebab ada satu siswa dari Kota Malang yang berhasil menduduki peringkat tiga propinsi yang diraih siswa SDN Kauman I, Sada Andriyana Yuwono.

Sada berhasil meraih nilai 29,35 sehingga berhasil menjadi peringkat satu siswa Kota Malang. Sementara peringkat rata-rata lembaga untuk peringkat satu diraih SDN Blimbing 3 dengan rata-rata siswanya 27,52, peringkat dua SDI Sabilillah rata-rata 27,07 dan peringkat tiga SDN Tanjungrejo 3 dengan nilai rata-rata 26,92.

Sementara itu, jika melihat rentang nilai UN yang ada, tahun ini untuk masuk SMP negeri favorit di Kota Malang persaingan cukup ketat. Jika mengacu pada kuota 2007/2008 pagu total untuk tiga SMP favorit yaitu SMPN 1, SMPN 3 dan SMPN 5 adalah sebesar 882 kursi.

Dari data sementara rentang nilai hasil UASBN 2008, ada 1256 siswa yang memperoleh nilai diatas 27,01. Artinya kuota SMPN favorit bisa dinikmati oleh siswa dengan Nilai UASBN terendah 27,01.
Hanya saja persaingan di nilai 27,01 sampai 28,00 ini akan sangat ketat. Sebab ada 904 siswa yang memegang nilai antara rentang tersebut.

SEMENTARA itu, tahun ini SDN Kauman I boleh berbangga. Sebab salah satu siswanya berhasil menduduki peringkat tiga Jawa Timur dan ditetapkan sebagai peringkat satu Kota Malang.
Dialah Sada Andriana Yuwono. Putri mantan pemain dan asisten pelatih Arema, Agus Yuwono ini, meraih NUN 29,35. Dengan rincian untuk Bahasa Indonesia 9,60, Matematika 10 dan IPA 9,75.

Ditemui di sekolahnya kemarin, Sada tampak terkejut dengan kabar yang dibawa Malang Post. Bahkan sampai-sampai gadis kecil kelahiran 29 Maret 1996 ini tak tahan untuk tidak meneteskan air mata.
‘’Gak nyangka, Mbak. Apa benar aku bisa meriah nilai tertinggi. Padahal sahabat-sahabat ku di kelas lebih pintar dari aku. Gak nyangka bisa dapat kayak gini,’’ ungkapnya sambil menutup muka dengan kedua tangannya.

Sehari-hari di kelas, gadis yang memiliki cita-cita menjadi penyanyi ini sebenarnya tergolong biasa. Hanya saja ia berada di kelas unggulan di SD favorit itu, yaitu kelas 6A.

layanan hosting indonesia

Diakui Sada, soal UASBN baginya tidak terlalu sulit. Jika dibandingkan dengan ujian sekolah masih jauh lebih sulit ujian sekolah. Bahkan soal UASBN menurutnya lebih mudah dibandingkan try out yang dilakukan di Kota Malang.

‘’Yang menurutku cukup mudah itu soal Matematika. Aku bisa cepat menyelesaikannya dan cukup yakin dengan nilainya,’’ ungkapnya.

Sementara itu wali kelas 6A, Sochmad Tarmudji menuturkan persiapan sekolah untuk UASBN memang cukup matang. Mulai dari tambahan jam pelajaran, try out dan juga kerjasama dengan lembaga bimbingan belajar.

Soal prestasi yang diraih Sada menurutnya meski cukup mengejutkan namun diakuinya Sada pantas mendapatkannya. Sebab di kelas, Sada termasuk siswa yang aktif. Ia tidak pernah malu bertanya jika ada pelajaran yang tidak atau belum dimengertinya.

‘’Walaupun guru sedang menerangkan kalau dia tidak mengerti pasti langsung tunjuk jari. Dan berterus terang kalau paparan materi dari guru belum dipahaminya. Itulah yang menarik dari Sada,’’ ungkapnya.
Sementara Kepala SDN Kauman I Drs Dasuki MM menuturkan sekolah akan mempersiapkan reward khusus untuk Sada. Sebab ia sudah membawa nama harum bagi sekolah di tingkatan Jawa Timur. (oci/avi) (Rosida/malangpost)

About these ads

56 Komentar

Filed under Malang, Pendidikan, Indonesia

56 responses to “Hasil UASBN Dinilai Cukup Membanggakan

  1. Bambang Hadi Prabowo

    Saya salut dan bangga atas prestasi yang diraih kota malang dalam bidang pendidikan khususnya tingkat SD, namun demikian dari satu sisi prestasi akademik oke, tetapi untuk etika dan tatakrama sebagai anak bangsa perlu ditingkatkan dan agak memprihatikan.

  2. suharman sobirin

    Semoga prestasi tersebut dapat ditingkatkan, minimal dipertahankan.

    Juga perlu diperhatikan adalah gedung gedung sekolah yang sudah tak layak agar cepat direnovasi, agar tidak terjadi kecelakaan pada anak anak didik kita.

  3. M. ALVA BUDI W

    mN pEriNgKat 1o bsR KoK cM PrgKt 1 THOOOOK?????

    dtGgU d iNterNet Lho<<<!!!!

  4. kodratsatlatuii

    hasil pasti sesuai dengan jerih payah …
    sapa mau berkeringat,… dia pasti menuai hasil,…

  5. Sorry url nya salah ketik. http://www.bucksfreak.com
    Btw, anak saya kebetulan nilainya 27,45. Peringkat brp ya se DKI

    • Rudy

      melihat hasil uasbn dki dimana? apa ada situs yang bisa diakses?

    • roby

      telah hilang mobil toyota avanza 1,3 GMMEJ tahun 2005 dengan nomor polisi B 8326 HW berwana silver metalik………

      ciri-ciri:-ada stiker Go!!! di kaca belakang
      bagi yg menemukan/melihat silahkan hubungi ke nomor 082304945/085717991240

  6. Betul mas, saya sendiri lulus, bahkan sekolah saya sendiri, SDIT Cordova Samarinda lulus 100%, dan Teman saya,5 orang mendapatkan nilai teringgi matematika, yaitu 10,00!!!
    Alhamdulillah, atas do’a para guru2 sekolah saya bisa lulus 100%!!! bukan hanya matematika, bahasa indonesia dan IPA pun begitu juga!!!

  7. I.B. DARMATIKA

    Sulawesi Selatan belum mengumumkan hasil UASBN 2008

  8. haiiii salam kenal aja yahhh buat yang punya blog ini aja

    sekali aku pengen liat hasilnya

  9. telah hilang mobil Nissan X-Trail 2.5 Xt tahun 2004 dengan nomor polisi B 8417 OV berwarna abu-abu metalik…

    ciri-ciri: ada stiker http://www.detik.com di kaca belakang

    bagi yang melihat atau menemukan, segera kirim e-mail ke ndias007@gmail.com

    info lebih lanjut, lihat http://diazhandsome.wordpress.com

  10. Chadna

    Alhamdulillah banyak prestasi yang diraih sd se kota malang walaupun masih dinyatakan menurun dari tahun lalu. Oh iya kalau emang yang bagus nun nya udah dibahas prediksinya, gimana kalau yang nun nya 24 – 26, di prediksi juga dong. Qta sebagai ortu juga ketir2 nich..!!

  11. bengkuluutara

    jangan sampai kelulusan hanya untuk menutupi kekurangan sekolah masing-masing.
    ini sangat membahayakan generasi indonesia dengan mutu yang sangat rendah.

  12. titra

    Selamat u/ SADA yang pantang menyerah, banyak bertanya dan penuh semagat dalam menimba ilmu dan telah berhasil melewati ujian dengan hasil yang sangat mengagumkan.
    Selamat juga pada sekolahan yang telah berhasil dan sukses dalam strategi pembelajaran yang dapat diterima dan dipahami oleh siswanya.

    CMIIW

    http://titra.wordpress.com

  13. nadila

    ass.

    klu boleh tw biar bisa melihat hasil kelulusan SDN caranya lewat dr mana…
    terimah kasih

  14. Selamat bagi yang telah lulus dengan nilai sangat memuaskan, moga dapat diterima di SMP favorit. Di Cilacap juga gitu. Aduh tentang peringkat anak saya gemana ya…, dia dapat 26.15 .

  15. BU TINI

    untuk hasil UAN di Wilayah Bali tingkat SD tolong dikirim ke email saya ertera diatas

  16. TINI

    saya tidak setuju kelulusan hasil UAN sekolah hanya dinilai dari hasil ujian saja. akan lebih baik jika kelulusan itu dinilai juga dari hasil ujian praktek!

  17. ZAHRA & ALICIA

    selamat ya buat SADA, kita yang temen sekelasmu juga ikut berbangga. selamat juga sama Pak Sochmad udah berhasil didik murid2nya sehingga hasil UASBN bisa memuaskan.
    GO KAUMAN!!!!!!!!

  18. DeshTa SBY

    Gimana caranya liat NUN-nya lewat internet..?
    Kira” aq dpt peringkat brp yah,,.. Soalnya nilai NUN aq 29,80.
    Mohon diberitahu Caranya melihat hasil NUN-nya se INDONESIA..
    Thank’s…

  19. titi

    Selamat buat murid yang berhasil lulus uasbn 2008,ak mau sharing aja…anakku sekolah sdi al azhar 27 dari hasil try outnya nilai matematikanya hancur semua tapi hasil uasbnnya lumayan bagus 26,55 walaupun tidak mempengaruhi masuk smp favorit krn dia ikut program billingual alhamdulillah diterima.Saya 4 bln terakhir ikut stress takut anakku tdk diterima di smp negri sementara anaknya biasa aja …..namanya juga anak2 ya!!

  20. mm ..
    tahun kmaren bagus2 bner .
    tp , pingin tau nih yg hasil thn 2009 ini ,
    minta tolong ya ..
    please ..

    thanks ..

    nella

  21. di dki pengumuman hasil UASBN SD tanggal 30 Juni 2009,terlalu lama jarak antara pelaksanaan UASBN dan Pengumuman, usulan saya apakah tidak sebaiknya waktu pengumuman dimajukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misal : ketidakjujuran, rekayasa hasil,memanfaatkan peluang, dll.Mhn tanggapannya sebagai koreksi dan evaluasi saja.tq

  22. kirimin aku hasil uasbn nya ya ! soalnya aku dan temen2 q deg -degan terus nihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh cepetan yawwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww tak tunggu sekarang juga sekali lagi cepetan MAKACIHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH

  23. TUNJUKIN DONG AKU HASIL UASBN NYA BIAR AKU NDA DEG DEGAN TAU NDA CIHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH POKOK NYA TAK TUNGGU SEKARANG JUGA TITITKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK MAKASIHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH

  24. Eh… gmn sich… ngeliat hasil UASBN 2009 qw deg..degan nich ksih tau yaw!!!! kirim aja di almt e-mail qw http://www.nadira.lola.com

  25. Mm… slamat yaw bwt SADA!!! qw salut lho ma u!!! eh… kpn sich hasil uasbnx diumumin???
    ktx hari sabtu ini!!! mang disitus apa sich klo mow ngeliat hasil uasbn 2009!!! klo taw kirim di e-mail qw yaw http://www.nadira.lola.com

  26. Hey kak ,gimana pengumumannya ,kasih tahu dongggggggggggggggggggggggggggggggggggggggg? aku and teman2 udag nunggu +deg-degan trusssssssssssssssssssssssssss .kok lama banget to padahal dulu aku ama temenku udag ngirim koment trussssssssssssssssssssssssss hampir tiap hari aku ke warnet bwt nunggu pengumumannya nieh !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ,cepetan bales yaw kak MAKACIHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH

  27. Ce tomboi

    tgl lahirnya sm kayk aq(tp aq thn 1997)moga2 aja nasib aq sm m dia AMIN!tp emang aq akui di emang berhak terima nilai itu!klo menurut aq dia anak yg pintar!~hayina~
    SDN Jati Sidoarjo

  28. szasza

    ALHAMDULILAH

  29. vanya

    mna donk hasil uasbn kota bandung ktanya minggu ktiga blan juni tpi mnn
    koq blum ad jga sichhh ????///?/?

    cpet iiah uddah gg sabar pengen liat hasil .a nich

  30. kkkkaaaaaaappppnnnnnn pngumuman……..??????

  31. Bisa minta tolong kasi tau web hasil uasbn 2009 dong……

  32. FORTUNA

    mohon bantuannya.untuk mengetahui arsip hasil UASBN apa sama antara diknas dan sekolah, untuk mengetahu tranparansi nilai..thx

  33. yuni

    berapa sih! nilai UASBN

  34. rosita

    ayo SDN BLIMBING III cayoooooooooooooo pasti bisa peringkat ” I ” se-KOTA MALANG

  35. semoga saya lulus saya berdoa supaya lulus amin

  36. sdn maphar 01 pagi semoga lulus semua nya amin!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  37. kok gk dikasih liat sih hasil nya ak padahal pngen liat hasil nya………….

  38. premanita

    maju terus sdn wijaya kusuma 05 pg

  39. Klo Dya biSA jUara I se KoTa malaNg BeRarti Q Jg pasTi Bisa .. AYo… Sd KaRtiKa IV 7 Km PasTI Bisa….

  40. hmmmmm

    asyiiikk w lulus …
    maksii atas smua.a yah
    phi au biggumg ,. gmna yha crri nilai n nem.a …

  41. vanessa

    gmna sich hsil uasbn tahun skrng memuaskan g?????

  42. norman harsya

    org ind suka terkesima dg peringkat 1, memuja peringkat 1, jd semua terobsesi jd no 1, guru2pun bersemangat, bahkan kadang sampe gak jujur dan gak adil perlakukan murid2nya, kadang krn mau karbit seorang anak dg cara singkirkan anak lain, yg secara psikologis rusak dan hancurkan mental anak lain, supaya ‘anak pujaan’nya yg unggul dan menang. Mrk lupa, perjalanan hidup masih panjang utk anak2 tsb, peringkat 1 nem kadang belum tentu selalu dari yang jadi langganan ranking 1 di kelas, spt anak yg ada di berita di atas, dan peringkat 1 nem kadang belum tentu pasti paling pintar, dan konsisten prestasinya, kadang keberuntungan saja. Lebih jauh belum tentu peringkat 1 aka sukses terus dan jadi yg terbaik utk bangun negeri ini kelak, dan negeri ini gak bisa dibangun sendirian oleh si peringkat 1 tadi, dan belum tentu yang gak peringkat 1 pasti bodoh, kadang kurang beruntung saja, kadang mmg belum ‘tune’ aja. Under estimate pada yang bkn peringkat 1 dan over estimate pada peringkat 1 bukan pendidikan yg baik, krn pendidikan yg baik mestinya mampu mengangkat yg kurang pintar jadi lebih pintar,apalagi yg pintar meski bkn yg peringkat 1, dan anak yg gini banyak sekali. Tp yg sering, krn memburu utk jd no 1, sekolah sering abaikan yg bkn peringkat 1, yg jd drama psikologis yg bs rusak mental anak2 lain demi angkat seorng anak jd peringkat 1. Ini kekonyolan kronis pendidikan di negeri ini. Perlakukan anak sama dan adil, dorong mrk utk menikmati belajar, dorong mrk semua utk berprestasi di bakat masing2, tanpa harus saingkan apalagi dg cara gak sehat. Semua anak aset bangsa, dan jauh lebih banyak yg gak no 1 drpda yg no 1, apa mau buang aset yg banyak demi memuja bebrpa gelintir anak no 1? pendidikan yg gontokkan antar anak bukan pendidikan, tp tarung gladiator. Kalo anak diperlakukan adil, anak akan berkembang sesuai bakat dan kemampuannya, dan bangsa ini akan punya aset beragam yg akan mudah disineragikan krn gak ada saling iri krn dididik utk rebutan no 1 dg segala cara.

  43. sasuke

    nilaiku bagus….alhamdulilah doaku di kabulkan allah….ya allah trimakasih…..

  44. malang kecil kalah lek sama cah xene

  45. KOK nem SD belum keluar yah ~_~

  46. semoga
    teman teman semua pda lulus
    amiiin

  47. Semoga seluruh anak indonesia dpt lulus dngan nila yg memuaskan.
    Aminyarabalallamin….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s