Marinir Gadungan Dibekuk

 Tersangka, Abdul Kodir Jaelani (sigit rohmad / malang post)

Tersangka, Abdul Kodir Jaelani (sigit rohmad / malang post)

Korps marinir hampir saja tercoreng oleh perbuatan seorang sopir travel jurusan Surabaya-Malang, Abd Kodir Jaelani, 28 tahun. Bagaimana tidak, dengan mengaku-ngaku sebagai perwira marinir berpangkat Lettu, pemuda yang kos di Dusun Polaman, Kalirejo, Lawang ini menipu M Arifin, Ketua RT01-RW10 Kelurahan Kalirejo, Lawang.

Modus kejahatan yang dilakukan tersangka yang asli Desa Murkepe Timur, Labang, Bangkalan ini tak lain meminjam KTP Arifin dan istrinya Sunanik, 34 tahun untuk dimasukan dalam persyaratan kredit sepeda motor di diler Honda.

Itu dilakukannya pada September lalu, dan setelah membayar uang muka sebesar Rp1 juta dengan angsuran Rp 600.000 per bulan. Namun setelah itu, dia justru tak membayar angsuran kredit, sehingga pihak diler menagih Arifin.

Merasa tak pernah mengajukan kredit motor, Arifin sempat mengingatkan tersangka.
Namun, memasuki minggu kedua Oktober Jaelani malah tak balik ke tempat kosnya. Arifin beralih mengadu ke Polsek Lawang. Lantas, polisi mengecek ke markas Marinir dan mendapat menjelasan tak ada anggota yang bernama Abd Kodir Jaelani yang sedang ngumpet di Mojokerto itu.

Kemudian diatur sekenario penangkapan. Arifin diminta mengontak Jaelani sambil berpura-pura minta bantuan menyelesaikan sebuah perkara. ‘’Kemudian, Pak RT mengontak Jaelani lewat ponselnya,’’ jelas Kapolsek Lawang AKP Aria Wibawa sehingga bisa diringkus.Dalam pemeriksaan terungkap, agar tak menimbulkan kecurigaan, tersangka yang juga punya seragam doreng ini, kepada para korbannya selalu mengatakan bahwa KAT (kartu tanda anggota) sedang dalam proses perpanjangan di kesatuannya. ‘’Dengan alasan KTA masih diperbarui itu, dia pun meminjam KTP milik Arifin dan istrinya,’’ tambah Aria.

Kapolsek menambahkan, ternyata bukan hanya Arifin saja yang menjadi korban. Melainkan toko Lagross milik PT Minatex, Februari lalu juga menjadi sasaran Jaelani. Modusnya, dengan memakai nama Ely Meryana, 27 tahun warga Dusun Keden, Desa Argosuko, Poncokusumo, mengajukan kredit ke Lagross.
Barang yang dikredit, springbed, TV 21 dan matras, dan kesemuannya hanya dibayar sekali angsuran sebesar Rp 900 ribu.

‘’Untuk bisa mendapat kredit barang-barang itu, tersangka juga merayu Ely sekaligus mengaku sebagai anggota Marinir,’’ jelas Aria.

Abdul Kodir sendiri tidak mengelak dengan tuduhan yang diarahkan padanya itu. Mantan sopir travel itupun menjelaskan, dia tertarik untuk ngaku sebagai marinir, karena suka dengan kegagahan pasukan elit TNI AL itu.

‘’Karena senang dengan Marinir, maka saya juga membeli baju Marinir di Pasar Turi seharga Rp 140 ribu,’’ kata tersangka, yang saat ini harus berurusan dengan hukum akibat perbuatannya. (sit/lyo)
(Sigit Rohnad/malangpost)

About these ads

6 Komentar

Filed under Berita, Kabupaten Malang, Malang Raya

6 responses to “Marinir Gadungan Dibekuk

  1. amank

    Dasar penipu…………
    pengen jadi MARINIR ya pendidikan dulu
    Lewati Pendidikan Comando bosss

    tp penipu pun mengakui akan ‘Kegagahan Pasukan Elit MARINIR ‘

    aaauu…a aaauuu..a aaaauuuuuaaaaa……..yesss

  2. Hery Erdy

    macam macam aja kerrr….hiduplah yang bener.

  3. raihan

    ngak apa apa, kalau emag ada cita-cita tuk jdi anggota Marinir ya mendftar aja.

  4. Bayi Nazi

    Saya punya banyak uniform termasuk camo, tapi dari Jerman Nazi. Kkkkkkkk…… Marinir punya juga sih, tapi cuman dipake kalo kedinginan. Kebetulan alm ayah juga eks anggota TNI angkatan 45. Jadi yang namanya uniform militer udah gak asing di keluarga kami, dan banyak anggota keluarga yang juga berkiprah di TNI dan Polri.

    • sutradara action film

      Bayi nazi,,, truss gua harus bilang waw sambil ngasih loe ucapan selamat gt kalo kel loe aparat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s