UMM Pamerkan Teknologi Ramah Lingkungan

Mulai langkanya berbagai bahan energi ‘siap saji’ yang diikuti dampak pemanasan global yang semakin terasa, mamaksa manusia mulai berfikir keras untuk menggunakan teknologi alternatif ramah lingkungan.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Konversi Energi Pusat Teknologi Konversi dan Konservasi Energi, Ir. Agus Nurrohim, Ph.D saat ditemui Malang Post disela-sela Pameran Pemanfaatan Teknologi Alternatif Ramah Lingkungan di Dome UMM, Kamis (15/5) kemarin.

Menurut Agus, penggunaan energi alternatif ramah lingkungan menjadi salah satu alternatif yang sangat bagus. Sebab, selain untuk mengatasi kelangkaan, energi alternatif ramah lingkungan, juga dapat menghindari pemanasan global yang belakangan ini menjadi momok bagi masyarakat dunia.

“Kita sudah mulai mensosialisasikan penggunaan berbagai teknologi alternatif ramah lingkungan pada masyarakat. Misalnya, dengan mengajak masyarakat untuk menggunakan kompor gas dan lampu hemat energi. Pameran seperti yang dilakukan UMM saat ini juga sangat penting dalam rangka mengenalkan teknologi ramah lingkungan ke masyarakat,” kata Agus.

Dia mengakui, banyak masyarakat yang belum akrab dengan teknologi alternatif tersebut. Karena itu, dia berharap pameran seperti ini dapat memberikan pemahaman terhadap masyarakat. Selain itu, pihaknya juga sudah mulai menggandeng beberapa kampus di Indonesia. Untuk di daerah Malang, kata Agus, sampai saat ini Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), baru bekerjasama dengan UMM.

“Saya sangat bangga dengan UMM yang mampu memanfaatkan alam sekitar dalam membangun Pembangkit Tenaga Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Saya harap kampus lain juga bisa melakukan hal yang sama,” ungkapnya.

Sementara pameran yang akan berlangsung selama tiga hari (15-17/5) itu diikuti 16 peserta dari berbagai perusahaan dan universitas di Indonesia. Mereka memamerkan berbagai hasil temuan mereka tentang teknologi alternatif ramah lingkungan. (mp-11/udi) (mp11)

5 Komentar

Filed under Malang, Pendidikan

5 responses to “UMM Pamerkan Teknologi Ramah Lingkungan

  1. yoz

    tolong dikirimkan jenis karya tulis yang temanya teknologi sederhana dan ramah lingkungan
    serta karya tulis dengan tema teknologi tepat guna

  2. edo

    gak cocok ambek judule

  3. tia

    tolong……… di cariin teknologi tepat guna yang sederhana………

    thank’s

  4. martin landaou

    tolong pa saya minta artikel/ karya tulis yang udah berhasil, tema energi alternatif ke e-mai saya

  5. Eko Fitriadi

    teknologi seperti apa yg ramah lingkungann tapi tidak memerlukan biaya yg mahal(relatif ringan)………….???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s