Sekolah Mahal Masih Diminati

Madrasah Ibtidaiyah Jendral SudirmanMeski mahal, sekolah swasta favorit dan bergengsi di Kota Malang masih diburu masyarakat. Buktinya saat beberapa sekolah favorit membuka pendaftaran siswa baru, para orang tua berbondong-bondong mendaftarkan anaknya. Di Madrasah Ibtidaiyah Jendral Sudirman (MIJS) misalnya. Salah satu sekolah favorit di Malang ini bahkan sudah menutup pendaftaran 25 April lalu. Dari pagu 96 kursi yang ditawarkan, diminati 100 orang pendaftar.

KONFLIK yang terjadi di sekolah tersebut ternyata tak mengurungi minat masyarakat menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. “Peminat di sekolah kami tahun ini memang menurun, tahun-tahun sebelumnya rata-rata ada 200 an pendaftar. Tapi kami yakin saat daftar ulang nanti pagu kami tidak akan kurang,” ungkap Tomi Ariyansah S.Pd, Waka Kurikulum MIJS kepada Malang Post.

100 pendaftar yang mendaftar ke MIJS pun tidak hanya didominasi warga sekitar sekolah namun ada yang berasal dari Batu dan Kepanjen. Para orang tua ini memilih salah satu madrasah swasta terbaik ini tentunya bukan tanpa alasan. Meski harus merogoh kocek minimal Rp 4 juta untuk amal jariyah atau biaya pembangunan. Bahkan ada yang ikhlas menyumbang hingga Rp 10 juta. selain itu siswa juga wajib membayar minimal Rp 200 ribu untuk infaq bulanannya. Para orang tua pun tak ragu mendaftar ke sana. Alasannya tentu karena kualitas. “Mayoritas wali siswa kami memang dari kalangan berada, namun ada pula yang ekonominya biasa. Tapi karena prestasi, maka biasanya kami memberikan keringanan. Rata-rata mereka memilih MIJS karena tertarik dengan program kami ,” ungkapnya.

Madrasah yang beralamat di Jalan Sukarno Hatta ini memang cukup ternama. Ada saja gebrakan baru dan inovasi baru yang ditelorkan sehingga semakin melambungkan namanya. Baru-baru ini misalnya, MIJS baru saja mendapatkan penghargaan sebagai sekolah ramah anak dari Dunia Anak Susan karena komitmennya memberikan pelajaran yang nyaman dan enjoy untuk siswa.

Dari sisi program, Madrasah yang pernah mendapatkan predikat Madrasah Berprestasi Tingkat Nasional 2006 ini menawarkan program pendidikan yang bermutu dan inovatif.

“Program pembelajaran kami mengacu pada kurikulum Diknas dan Depag. Dengan sasaran menanamkan akhlakul karimah sejak dini kepada anak. Selain itu kami juga respon terhadap perkembangan IT dan Multimedia,” ungkapnya.

Program andalan lainnya yang ada di sana yaitu studi exkursi yang bisa dinikmati di bangku kelas 1 hingga kelas 5. Kegiatan studi di luar sekolah ini dilakukan di semester pertama dengan object yang berbeda. di MIJS siswa hanya belajar lima hari yaitu Senin hingga Jumat. Sementara pada Sabtu para siswa mendapat pembinaan skill dan potensi. Sehingga tidak hanya minat dan bakat saja yang berkembang, namun siswa punya keahlian masing-masing. Menariknya lagi, MIJS juga punya program parenting. Dalam kegiatan ini sekolah melibatkan orang tua siswa untuk ikut memberikan edukasi pada anak didik. Sehingga pendidikan yang diberikan tidak monoton dari guru saja.

Managemen sekolah yang cukup solid membuat banyak sekolah lain berguru pada MIJS. Setidaknya setiap bulan selalu saja ada sekolah yang berkunjung ke sana.

“Kami pun terus berupaya meningkatkan kualitas tenaga didik melalui berbagai kegiatan seperti workshop, seminar dan sebagainya,” ungkapnya. (lailatul rosida//malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s