Sehari, 50 Ribu Kendaraan Lewat Dinoyo

Prediksi kemacetan semakin memuncak di kawasan Dinoyo tak dapat dielakkan. Betapa tidak, jumlah kendaraan yang melintas di kawasan padat lalu lintas dengan satu jalan itu sangat banyak. Bahkan sudah tidak imbang dengan kapasitas jalannya. Salah satu solusi yang mendesak yakni pembangunan Jalan Lingkar Barat (JLB).

Kadis Kimpraswil Ir Hadi Santoso mengungkapkan, lalu lintas harian (LHR) di kawasan Dinoyo mencapai 50 ribu kendaraan. Banyaknya kendaraan yang melintasi kawasan itu sudah melebihi derajat kejenuhan. “Derajat kejenuhannya sudah mencapai 1. Sedangkan derajat kejenuhan yang paling tinggi 0,8,” jelasnya kepada Malang Post kemarin.

Derajat kejenuhan yang sudah melebihi 0,8 ini mestinya sudah harus ada rekayasa lalu lintas. Salah satu caranya melalui manajemen transportasi. Seperti menambah kapasitas jalan, penataan parkir, pelebaran jalan sampai menambah ruas jalan baru. Menurutnya salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan ini yakni melalui Jalan Lingkar Barat. Pembangunan jalan lingkar barat ini mendesak. Sebelumnnya, Ketua Komisi C, Ir Sofyan Edi Jarwoko juga mengatakan, pembangunan Jalan Lingkar Barat harus mendapat perhatian serius. Bahkan bisa dilakukan pada tahun depan.

Sementara itu, Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan, Hariyadi menjelaskan, saat ini pihaknya memasang pembatas jalan di depan kawasan Pasar Dinoyo untuk mengurangi kemacetan. Dengan adanya pembatas jalan itu, kata dia, kendaraan tidak bisa memutar ke jalan di depan Pasar Dinoyo. Begitu juga kendaraan dari Pasar Dinoyo menuju kawasan Merjosari tidak bisa langsung memotong jalan utama.

Pemasangan pembatas jalan ini menurut dia efektif mengurangi kemacetan.  Karena itu rencananya, selain akan dibuat lebih permanen, pemasangan pembatas jalan di depan Pasar Dinoyo akan diperpanjang lagi. Ditambahkannya, persoalan kemacetan di kawasan Dinoyo sedang menjadi perhatian Dinas Perhubungan. Karena itu dalam waktu tak lama lagi,  digelar pembahasan mengatasi kemacetan di kawasan Dinoyo.

Pantauan Malang Post, kemacetan di kawasan Dinoyo terjadi di sekitar depan Pasar Dinoyo. Di jam puncak, seperti pagi dan sore menjelang malam, kemacetan bisa terjadi sampai di pertigaan Jalan Gajayana.(van/lim) (vandri-malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s