5 SMP Diverifikasi untuk SSN

Lima SMP negeri di Kota Malang tahun ini akan diverifikasi oleh Depdiknas sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN). Tahapan dalam proses sekolah menjadi sekolah standar nasional ini akan diikuti oleh SMPN 10, SMPN 11, SMPN 12, SMPN 19 dan SMPN 14. Selain itu masih ada dua SMP swasta yang juga masuk ke tahap verifikasi.

Sementara beberapa sekolah yang lain belum bisa memenuhi standar SSN. Seperti SMPN 7, SMPN 9, SMPN 15, SMPN 17, SMPN 22, SMPN 23 dan SMPN 24. Kendalanya sekolah masih belum mampu untuk membatasi jumlah siswanya dengan batas maksimal 26 per kelas.

“Rata-rata di tiap sekolah jumlah siswanya 30 an per kelas. Jadi kalau harus mengurangi jumlah yang sudah ada tidak mungkin, sehingga butuh proses yang tidak mudah,” ungkap Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang, Drs Sugiharto kepada Malang Post.

Selain kendala belum idealnya jumlah siswa dalam satu kelas, kendala lainnya yang rata-rata dihadapi sekolah adalah pemenuhan standar SDM. Untuk sekolah SSN, minimal guru yang mengajar harus bergelar sarjana. Selain kendala waktu, kendala biaya juga menjadi permasalahannya. Untuk menempuh pendidikan ini tentunya butuh proses yang tidak sebentar. Meski demikian beberapa sekolah yang sudah ditetapkan menjadi SSN sebenarnya juga ada yang masih memproses namun sudah lolos verifikasi.
“Sekolah yang dinyatakan lolos sebagai sekolah SSN tentunya memiliki kewajiban untuk memenuhi standar yang ada sambil jalan,” tuturnya,

Pak Gik panggilan akrabnya menuturkan, setelah sekolah dinyatakan mampu memenuhi standar SSN, bisa jadi sekolah tersebut ditunjuk untuk menjadi sekolah rintisan SBI. “Penunjukan itu langsung dari pusat, dan semuanya tergantung dari kemampuan sekolah untuk memenuhi standar yang ada,” ungkapnya.

Untuk tingkatan SMP, di Kota Malang sekolah yang sudah dinyatakan sebagai RSBI adalah SMPN 1 dan SMPN 5. Dan akan menyusul menjadi RSBI adalah SMPN 3. (oci/lim)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s