Bangun Ruang Merokok, Pemkab Rogoh Rp 500 Juta

Perokok di kawasan pendapa Pemkab Malang dan DPRD Kabupaten Malang tak bisa leluasa lagi. Sebab, pemkab berencana membangun ruang khusus bagi perokok pada dua areal tersebut. Bahkan, pemkab juga telah mengalokasikan anggaran Rp 500 juta untuk membangun ruang bagi perokok.

Anggaran itu diambilkan dari alokasi cukai hasil tembakau untuk Pemkab Malang sebesar Rp 5,2 miliar. “Salah satu alokasi anggarannya adalah untuk pembangunan ruang bagi perokok,” kata Sekda Pemkab Malang Betjik Soedjarwoko, ditemui di pendapa kemarin siang.

Betjik menjelaskan, rencana itu juga sudah dimatangkan melalui rapat koordinasi dengan sejumlah SKPD (satuan kerja perangkat daerah). Antara lain, Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Pasar, Dinas Cipta Karya, dan Badan Lingkungan Hidup.

Alokasi lain untuk empat sasaran pembinaan. Yakni, pembinaan lingkungan sosial, pembinaan industri rokok, pembinaan pascapanen tembakau, dan pembinaan tenaga kerja pabrik rokok. “Untuk pembangunan kawasan bebas rokok ada pada pembinaan lingkungan sosial,” beber mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat ini. (yak/ziz/jawapos)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s