DPRD Batu akan Datangi DPR-RI untuk Usulkan Ujian Ulang

Tingginya angka tidak lulus siswa SMA/SMK di Kota Batu membuat komisi C DPRD repot. Komisi C banyak menerima keluhan dari masyarakat bahwa siswa yang tidak lulus mengalami depresi.

Warga meminta kepada dewan agar ada ujian ulang. Sebab, secara psikis, banyak siswa yang tidak siap mengulang ujian melalui pendidikan kesetaraan paket C atau UNPK (ujian nasional pendidikan kesetaraan). Siswa merasa minder karena ijazahnya disamakan dengan ijazah paket C yang notabene masih belum bisa diterima bagi siswa yang menempuh pendidikan reguler.

Ketua Komisi C DPRD Batu Juhaemi mengatakan, belum bisa diterimanya ijazah paket C bagi siswa yang tidak lulus disebabkan perbedaan waktu untuk menempuh pendidikan. Umumnya siswa yang tidak lulus telah menempuh pendidikan selama tiga tahun. Sebaliknya, dengan mengikuti ujian kesetaraan, bila lulus, siswa akan mendapatkan ijazah paket C yang notabene bisa ditempuh dengan waktu dua tahun. Pendidikannya pun tidak setiap hari. “Fakta inilah yang belum bisa diterima siswa sehingga ada keengganan untuk mengikuti kejar paket C,” ujar Juhaemi di gedung DPRD Kota Batu kemarin.

Lantas apa solusi komisi C? Komisi ini akan datang secara informal ke DPR RI untuk mengusulkan adanya ujian ulang. Alasan mengadakan ujian ulang adalah realita di lapangan banyak anak yang tidak lulus karena ada salah satu mata pelajaran (mapel) di bawah standar kelulusan 5,25. Dengan demikian, ujian ulang nantinya tentunya menyesuaikan dengan mapel yang tidak lulus. Apabila ini bisa dilakukan, tentunya bisa memberikan harapan bagi siswa untuk lulus. “Kami berharap dengan masukan ini, beban siswa bisa terkurangi,” tutur politikus asal PKS ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, angka kelulusan SMA sederajat di Kota Batu cukup tinggi. Dari total siswa yang ikut ujian sebanyak 1.626 siswa, 393 siswa di antaranya tidak lulus. Detailnya siswa SMA/MA sebanyak 273 dan SMK 120 siswa. (gus/yn/jpnn)

1 Komentar

Filed under Batu, Indonesia, Malang Raya, Pendidikan

One response to “DPRD Batu akan Datangi DPR-RI untuk Usulkan Ujian Ulang

  1. do you know any information about this in english?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s