Pengambilan Nomor UNPK Dilangsungkan Hari Ini

Mulai hari ini, semua SMA sederajat di Kota Malang yang siswanya mengikuti UNPK (Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan) bisa mengambil nomor ujian. Pengambilan dilakukan di Kantor Diknas Kota Malang. Nomor ujian itu sebagai persyaratan untuk mengikuti UNPK yang bakal digelar 24-27 Juni.

“Kami memberikan kesempatan mulai besok (hari ini) sampai sehari sebelum UNPK berlangsung,” ungkap Kabid PLS (Pendidikan Luar Sekolah) Diknas Kota Malang J.S. Boediono kemarin.

Untuk diketahui, serentak secara nasional, siswa SMA/SMK/MA yang tidak tidak lulus UN (Ujian Nasional) 2008 bisa mengikuti UNPK periode I. Materi ujian paket C IPS meliputi PKn, bahasa Inggris, sosiologi, geografi, bahasa Indonesia, ekonomi, dan matematika. Sedangkan paket C IPA mata pelajaran yang diujikan adalah PKn, bahasa Inggris, biologi, kimia, bahasa Indonesia, fisika, dan matematika.

Imbauan lain yang disampaikan diknas adalah pengambilan SKL (standar kompetensi lulusan). Sebab, SKL antara UN dan UNPK berbeda. SKL UNPK relatif tidak seutuh SKL UN. Ada beberapa topik, sub-topik, dan sub-tema yang dikurangi. Bahkan, untuk materi ujian, ada tambahan di tingkat SMA sederajat. Yakni, PKn dan geografi (pengganti mata pelajaran tata negera). Total, ada tujuh mata pelajaran. “SKL-nya sudah turun dua minggu lalu. Kami juga langsung memberikan ke sekolah-sekolah yang memang proaktif,” ungkap Boediono.

Naskah UNPK sudah datang kemarin. Hanya saja, mekanisme penyimpanan soal tidak seperti UN, yang disimpan di Mapolresta Malang. Naskah soal UNPK disimpan di Diknas Kota Malang. Namun, sistem pengamanan melibatkan aparat kepolisian. “Penjagaan naskah soal sampai pelaksanaan UNPK nanti. Rencananya, UNPK formal akan kami pusatkan di SMA Tugu (SMAN 1, SMAN 4, dan SMAN 3). UNPK non-formal di SMKN 2,” ujar Boediono. (hap/yn)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s