10.300 Pengangguran, 30.005 orang Pencari Kerja

Jumlah pengangguran di Kota Malang terus meningkat. Karena itu, usaha mengatasi angka pengangguran terus dilakukan Dinas Tenaga Kerja. Salah satunya dengan cara menggelar Job Market Fair yang menyediakan 7.402 lowongan kerja.

Kadis Tenaga Kerja Wahyu Santoso menjelaskan, Job Market Fair yang digelar Selasa (24/6) kemarin di gedung Bela Negara Rindam V Brawijaya di kawasan Rampal diiukti 50 perusahaan yang membuka lowongan kerja sebanyak 7.402 untuk 602 jenis jabatan.

Dijelaskannya, Job Market Fair 2008 digelar dua kali , pada Juni dan Desember mendatang. Tahun sebelumnya, kegiatan yang sama juga digelar. Saat 2007 lalu, kegiatan ini diikuti 52 perusahaan dengan jumlah lowongan 10.168. Sedangkan yang ditempatkan sebanyak 3315 pencari kerja.

Diharapkan Job Market Fair ini bisa mengatasi persoalan penggangguran yang meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data Disnaker, sampai Mei 2008, terdatat 30.005 orang pencari kerja. Jumlah ini termasuk jumlah semi pengangguran yakni yang telah bekerja tapi bersifat musiman. Sedangkan pengangguran sampai Mei 2008 berjumlah 10.300 orang.

Sedangkan pada 2006 lalu jumlah pengangguran terbuka mencapai 10.257 orang dengan jumlah pencari kerja sebanyak 49.149 orang. Setahun kemudian, jumlah pengangguran terbuka naik menjadi 10.390 orang dengan jumlah pencari kerja sebanyak 30.095 orang.

Dari jumlah pengangguran di Kota Malang bila diprosentase berdasarkan latar belakang pendidikan, ternyata didominasi sarjana. Jumlah sarjana yang menganggur di kota pendidikan ini mencapai 40 persen. SMA sebanyak 35 persen, SMP 15 persen dan SD sebanyak 10 persen.

Selain mengatasi pengangguran dengan cara menggelar Job Market Fair, dilakukan juga peningkatan pemberian ketrampilan sebagai wira usaha baru dan lama. Hal ini dilakukan dengan cara usaha mandiri sektor informal dan tenaga kerja pemuda mandiri sektor informal.

Usaha menekan pengangguran juga dilakukan dengan cara meminimalisir PHK. Caran yangdilakuakn meningkatkan pengawasan pembinaan dan pengawasan ke perusahaan untuk menciptakan keharmonisan antara pekerja dengan pengusaha.

Sementara itu, Pth Wali Kota Malang Achmad Basuki mengatakan, tujuan Job Market Fair 2008 untuk mendorong kesadaran dan kepedulian Pemkot, dunia usaha dan seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi mengurangi pengangguran.

“Kegiatan ini juga mendorong aksi-aksi yang dilakukan secara perorangan, kelompok danmasyarakat dalam proses pengurangan pengangguran dan penciptaan lapangan kerja,” tandasnya.
(Vandri Van battu/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Indonesia, Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s