40 persen Belum Ber-IMB, Pemkot Lakukan Pemutihan

Jumlah bangunan di Kota Malang yang belum memiliki IMB ternyata masih sangat banyak. Sampai saat ini, diperkirakan sekitar 40 persen bangunan di kota pendidikan ini belum mengantongi IMB.

Kadis Perizinan Ir Hadi Lestariyono mengatakan, bangunan yang belum memiliki IMB itu umumnya didominasi bangunan perumahan. “Letaknya dipemukiman-pemukiman masyarakat,” kata Hadi di balai kota, kemarin siang.

Karena banyak bangunan yang belum memiliki IMB, saat ini pemkot melalui Dinas Perizinan memberikan toleransi kepada pemilik bangunan. Dispensasi itu berupa program pemutihan IMB yang sudah dimulai Dinas Perizinan.

Pemutihan IMB ini berlaku bagi bangunan yang sudah berdiri sebelum lima tahun lalu terhitung dari tahun 2008. “Kalau dihitung dari tahun ini, berarti berlaku bagi bangunan yang ada dibawa kurun waktu 2003,” jelasnya.

Pemutihan IMB ini sebenarnya memiliki banyak manfaat. Sebab selain membantu meringankan masyarakat mengurus IMB, pemkot juga mendapat tambahan pendapatan. Tahun lalu saja, tercatat Rp 350 juta yang diperoleh dalam program pemutihan IMB. (Vandri Van battu/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s