Dinkes Buka Lowongan Perawat ke Jepang

Dinas Kesehatan Kabupaten Malang membuka kesempatan kerja bagi lulusan akademi perawat untuk dikirim ke Jepang. Tak tanggung-tanggung, Pemerintah Jepang membutuhkan 1500 perawat dengan gaji mencapai Rp 17 Juta hingga Rp 35 Juta per bulan. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang dr. Agus Wahyu Arifin dibutuhkan 1000 perawat umum dan 500 perawat Lansia (lanjut usia).

Menurut Agus, untuk bisa pergi ke Jepang, para lulusan Akper tinggal membawa Ijasah D.3 dan paspor. Sedangkan mengenai training dan biaya transportasi serta akomodasi akan ditanggung seluruhnya oleh pemerintah Jepang. Bisa dikatakan para perawat Indonesia tinggal membawa badan, serta kemampuan dunia medis yang optimal.

“Kita undang sebanyak-banyaknya para lulusan D.3 segera mendaftar ke Dinas Kesehatan Kabupaten Malang. Undangan ini berlaku untuk seluruh akademi perawat se Malang Raya,” papar Agus.

Setelah mendaftar, para perawat tersebut bakal mengikuti kursus selama tiga bulan, dipandu oleh tim khusus. Kursus tersebut terdiri dari pendidikan bahasa Jepang serta pemberian materi budaya Jepang secara umum. Dikatakan Agus, didalam kursus tersebut, setiap kelas bakal diisi sekitar 40 – 50 perawat supaya pemberian materi lebih efektif.

“Kerja sama ini dilakukan Jepang pada sekitar lima negara, antara lain, Thailand, Filipina, India,” ujarnya.
Sebagai bentuk penghargaan terhadap perawat Indonesia, Pemerintah Jepang menjanjikan gaji yang cukup banyak. Hitungan gaji tersebut disesuaikan dengan jenjang kerja dan penempatan tiap-tiap perawat. Selama tiga tahun awal, baik perawat umum maupun lansia disebut sebagai asissten perawat dengan gaji masing-masing Rp 17 Juta dan Rp 19 Juta perbulan.

“Selepas tiga tahun, jika masih dipertahankan mereka akan naik status sebagai perawat dengan gaji masing-masing Rp 30 Juta dan Rp 35 Juta perbulan. Gaji tersebut amat mencukupi dengan biaya hidup di Jepang,” pungkas Agus.(ary/eno) (Ary Wicaksono/malangpost)

Catatan: untuk peminat program Lowongan perawat ke Belanda, silakan baca di sini.

50 Komentar

Filed under Malang, Malang Raya

50 responses to “Dinkes Buka Lowongan Perawat ke Jepang

  1. pauzifirman@yahoo.co.id

    untuk perawat di jawa barat pendaftarannya ke mana??

  2. Kalau di Jateng / Jabar Dinas Kesehatan buka lowongan perawat ke Jepang ga’? Makasih.

  3. Saya senang tenaga perawat Indonesia bisa kerja di luar negeri…maju terus Indonesia

  4. SAYA PERAWAT 22 TAHUN LULUSAN 2006 IPK 3,46, KENAPA YA DI SUMSEL JARANG SEKALI SAYA DAPATKAN INFO TENTANG PENGIRIMAN PERAWAT KE LUAR NEGERI KHUSUSNYA JEPANG, SAYA TINGGAL DI KABUPATEN JADI AKSES SAYA KURANG SEKALI SAYA BERHARAP UNTUK DIBERI KESEMPATAN, NO TELPON SAYA 081377785501

  5. nia

    tenaga perawat yang akan dikirim ke jepang itu harus memenuhi syarat apa saja?apakah smua jenjang pendidikan perawat?fresh graduate atau yang bagaimana?mohon informasinya.trimakasih………..

  6. sampai kapan pendaftaran itu? apa bagi lulusan tahun 2008 bisa ikutan? karena kita baru dapat ijasah bulan september

  7. sampai kapan pendaftaran itu? apa bagi lulusan tahun 2008 bisa ikutan? karena kita baru dapat ijasah bulan september.DAFTARNYA KEMANA?

  8. ari

    saya mahasiswa politeknik kesehatan tanjung karang depkes jurusan keperawatan lampung masih semester 3, saya berharap kepada lembaga yang menyalurkan tenaga perawat ke jepang untuk bisa mempekerjakan saya di jepang. saya ingin sekali bekerja di sana nantinya.ini no hp saya :085768383715

  9. Tenang aja neng, lulus dulu ya! Biar ga pusing, mana cari kerja mana sekolah. Semangat terus ya..

  10. saya lulusan akper tahun 2007,
    saya minat banget ama lowongan kerja di jepang.
    tolong informasikan juga kapan pendaftaran terakhiir ya?
    apa ada biaya buat kursus bahasa jepang?
    apa boleh meskipun saya lulusan dari akper diluar kota malang bisa mendaftar?
    thanks be4

  11. dikdik

    mohon informasi yang untuk daerah jawabarat, saya baru lulus thn 2008, saya sangat tertarik untuk bekerja diluar negeri khususnya jepang, mohon banget infonya ya..kirim saya ke email saya..kalau tidak ni no tlp saya hubungi langsung, bila ada info ke jepang, (022-91936402) sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih,,..

  12. kalo untuk dijawatengah konfirmasinya kemana..,,,.mohon dibalas,thanks

  13. NOVY

    kalo surabaya ada tidak lowongan ke jepang ?
    saya lulusan DIII tahun ini (2008) dari POLTEKKES DEPKES SURABAYA (PRODI KEPERAWATAN SOETOMO), dengan IPK 3,74
    saya sangat berminat untuk bekerja di jepang
    kalau ada info tolong dimuat ya
    thanks ………

  14. linse

    apakah benar gajinya 17 juta? itu udah pajak belom???fasilitas apa yang disediakan (transport, uang makan, n tempat tgl)?berapa lama kontrak kerjanya?

  15. STIKes CIREBON TELAH MEMBERANGKATKAN TENAGA CAREGIVER SEBANYAK 48 ORANG KE JEPANG, KAMI MEMBUKA GEL KE 2 UNTUK PELATIHAN GERONTIK & BHS. JEPANG LEVEL 3 & 4. BAGI ANDA YANG BERMINAT BEKERJA DI JEPANG UNT TENAGA CAREGIVER/ NURSE. SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI:
    http://www.linda09.blogspot.com

  16. nopi candra

    saya ingin sekali jadi nurse di japan untuk informasi lebih lanjut saya tunggu balasannya.

  17. agus widodo

    saya adalah seorang paramedic. kalau sudah kerja di jepang, apakah diberi kesempatan untuk melakukan Sholat jumat dan sholat wajib ?denger2 disana sulit untuk melaksanakannya. mohon balasannya

  18. apa lululusa s1 jg boleh daftar jd tenaga perawat ke japan?koq di jateng gak da info lwongan perwawat ke japan apa cuma di malang aja?
    makasih tak tggu balasannya yach

  19. elisabeth

    saya bener-bener ketinggalan berita,mohon informasinya,apa pendaftaran perawat ke jepang masih berlaku?saya dengar pendaftaran terakhir tanggal 3 juni kemarin.apa ada pendaftaran gelombang kedua?bisa hub di alamat email ato di no 081334658787,terima kasih banyak

  20. Pram

    Saya Alumni Program Persahabatan Pemuda ASEAN-Jepang. Ada untuk 2 Quota/kandidat. Kirim CV ke yousha.pram@rocketmail.com. Min. DIII/S1 Keperawatan peng. min. 2 tahun kerja. Berkelakuan baik!! Berminat, sesuai prasyarat and info CALL PLEASE no SMS.. 081511386813

  21. info lamaran kerja dan persyaratan bagaimana???

  22. jika masih ada lowongan mohon info dikirim ke ditz_agp@yahoo.com ato 081358796107

    trim’s

  23. imam santoso

    saya tertarik dengan lowongan kerja ke jepang. mohon beritahu informasi selengkapnya untuk bisa bekerja di jepang. trimakasih. bisa hub sy di no. 08112602696

  24. chandra adidya ar,S.kep

    saya lulusan stikes dan program ners lampung,saya berharap dapat ikut dalam program lowongan kerja di jepang,dan saya dapat bekerja secara team,dan saya juga membutuhkan info selanjutnya di karenakan lowongan tersebut hanya khusus daerah malang,bagaimana yang di luar malang, terima kasih.
    No Hp : 0816414393

  25. tika

    tolong donk…kalau daerah laen selain malang gmna?kira2 tahun ini ada lagi ga????

  26. masih adakah harus kemana daftarnya.

  27. ya oke2 aja informasikan sedetail mungkin.

  28. Bisa ga kl dari daerah laen?
    dan apa aj persyaratannya kl di luar daerah??
    Terimakasih atas informasinya

  29. red_sasha

    aq sasha lulusan 2003 n udah pengalaman kerja sejak lulus ampe sekarang.
    btw lowongannya masih buka ga sampe sekarang????
    aq juga mau ikut gabung dunk..

  30. Msh ada ga ksempatan k jpng buat bln skrng?

  31. salam sejahtera!!!
    aduh… ingin sekali rasanya kerja di Jepang.
    Apakah ada kesempatan kerja untuk aku??
    kerja di jepang adalah salah satu ambisiku!
    tolong informasi ya??? Plisssss!!!
    apa aja syaratnya??

  32. bantu aku ya..
    ditunggu banget infonya

  33. irfan

    Kalo perawat di jabar kemana?
    kirim infonya yach..ke e-mail sya irfan_nurul@yahoo.com
    Terima kasih sebelumnya semoga menjadi amal shaleh.amin

  34. Rizwan

    saya fresh graduate sebuah sekolah tinggi ilmu kesehatan di banjarmasin, di sini info2 lowongan kerja ke luar negeri sangat sedikit. saya mampu berbahasa asing secara lisan maupun tertulis terutama dengan bahasa Arab dan Inggris. saya sangat tertarik untuk dapat bekerja di luar negeri. bagaimana caranya yah?? bapak bisa bantu??

  35. 1. untuk dijakarta ada cabang tempat pendaftarannya tidak??

    2. kapan terakhir pendaftaran dan ada no. telp atau alamat email yang bisa saya hubungi..

    3. berapa lama kontraknya..

  36. dinda

    kl pk jilbab bs nga ikutan krj d jepang…????

  37. kalo di banyuwangi dafter nya di mana?sampai kapan?

  38. Daniel

    Kalo mau daftar di Tasikmalaya harus ke mana? paling lambatnya kapan ?

  39. BAGI PERAWAT YANG BERMINAT BEKERJA DI JEPANG, DAFTARKAN SEGERA…KESEMPATAN TERBESAR ADA DI TAHUN 2009…JANGAN HILANGKAN PELUANG HANYA KARENA TLL BANYAK MIKIR!!! CARI INFO YANG TEPAT
    HUBUNGI: http://WWW.BNP2TKI.GO.ID
    KONTAK: (081511724465) GATNO

  40. kami dari akper raflesia sangat mengharapkan informasi tentang lowongan kerja untuk perawat di luar negeri, kami siap memenuhi kriteria kompetensi yang dibutuhkan untuk lulusan kami. Tolong kirimkan informasinya ke email raflesia_lp3k@yahoo.com. Maju Terus Perawat Indonesia…

  41. Novi

    Wah…..Comment untuk perawat ke Jepang banyak juga ya….
    Oh ya…Saya salah satu anggota EPA NURSE angkatan I yg dkirim ke Jepang. Saya sudah ada diJepang selama 6 bulan untuk Belajar Bahasa Jepang. Dan Alhamdulillah tgl 16 Feb 2009 sdh mulai bekerja di RS. Untuk informasi perawat ke Jepang, sebaiknya rekan-rekan yang ingin bekerja sebagai Jepang, lansung mencari informasinya di DEPKES/BNP2TKI langsung kewebsitenya saja. Untuk pengurusan dan pendaftaran sebaiknya diurus sendiri karena kita bisa tau sendiri informasinya. Saya sendiri anak daerah dan kurang informasi mengenai pendaftaran ini, alhamdulillah mendapatkan informasi dari DINKES Surabaya. Dan langsung mengurus sendiri ke Jakarta.
    Dan untuk pertanyaan rekan2 diatas mengenai Sholat dan Jilbab…Alhamdulillah boleh memakai jilbab serta waktu sholat bisa tetap dilaksanakan. Mereka (org Jepang) sangat menghormati masalah agama dan ada di RS disediakan tempat untuk sholat.Selama kita memberi tahu mereka, pasti mereka akan memberikan ijin untuk ibadah termasuk saat Ramadhan. Malahan di RS saya sendiri, mereka berencana akan memberikan libur selama 1 minggu setelah Idul Fitri. Dan mereka sendiri sampai mencari Informasi tentang Islam untuk kedatangan kita.
    Yang diperlukan untuk ke Jepang adalah Keyakinan…Kalau rekan2 Yakin maka jangan ada kata ragu2. Mau terus…
    Saya tunggu kedatangan rekan2 diSini.

  42. nanang

    Aku berminat serkali
    untuk daerah surabaya daftarnya di mana?
    aku sekarang masih kerja d rs negri Perawat anestesi.

  43. saya mahasiswa S1 keperawatan STIKes Medan. sem 7 , tertarik untuk bekerja ke jepang. tapi apa ajh pe5rsiaratannya.

  44. Teguh

    saya pengen juga mohon infonya di amand_inman@yahoo.com

  45. saya ingin ada kerjasama dalam hal penempatan kerja tersebut. untuk itu mohon dikirim tata cara penempatannya. saya hanya seorang sponsor ke korea lewat G to G.

  46. sy perawat anestesi,ada lowongan?

  47. assalamualaikum
    alhamdulillah ternyata di jepang boleh berjilbab dan sholat juga sangat di hargai,

    saya insya allah lulus tahun 2010,
    lowongan ke jepang apakah selalu ada setiap tahun untuk perawat indonesia,
    jika ada asrama perawat apakah lokasi untuk wanita dan pria nya di pisah, terimakasih atas informasinya

    wassalamualaikum,

  48. untuk perawat lulusan S1 Ners bisa tidak ya ikut?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s