UM Selangkah Lagi Meraih Status PTN-BLU (Perguruan Tinggi Negeri – Badan Layanan Umum)

Status Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Badan Layanan Umum (BLU) selangkah lagi akan diraih oleh Universitas Negeri Malang (UM). Dibandingkan PTN yang lain, UM bisa dibilang selangkah lebih maju. Sebab dari beberapa pengajuan status PTN BLU ini, baru tiga universitas saja yang sudah mendapatkan rekomendasi dari Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas). Yaitu UM, Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Hasanudin (Unhas).

“Perguruan tinggi yang lain mungkin saja masih dianggap belum memenuhi syarat. Sementara UM dianggap sudah sesuai dengan tahapan yang harus dilalui,” ungkap Rektor UM Prof Dr Suparno kepada Malang Post kemarin.

Pria yang juga mantan Dekan Fakultas Sastra UM ini menuturkan, bahkan UM sudah menyiapkan diri untuk menyambut kunjungan tim pusat guna klarifikasi proposal. Selanjutnya jika proposal dianggap layak, maka akan ada verifikasi dari hasil kunjungan tersebut. Termasuk UM juga harus mulai mempersiapkan presentasi di Menteri Keuangan untuk mempertanggung jawabkan proposal yang sudah dibuat.

Sementara di intern kampus, rapat senat sudah memberikan persetujuan untuk perubahan ini. “Kelengkapan sudah dibahas termasuk statuta, penyusunan organisasi dan tata laksana. Minggu depan tinggal persetujuan dari senat,” tegasnya.

Meski nantinya PTN BLU akan menjadi badan nirlaba, namun ia menegaskan bahwa pemasukan yang didapatkan oleh kampus nantinya tidak semata-mata untuk kepentingan pejabat saja. Melainkan pengelolaan keuangan secara mandiri akan lebih diarahkan pada pengembangan kampus.

Lebih jauh pria ramah ini menegaskan untuk menjadi PTN BLU, beberapa perubahan pokok harus mulai dipersiapkan. Sebab PTN BLU ini dituntut memiliki wawasan korporasi. Karena income yang didapatkan harus dipacu dengan pemberdayaan aset akademik dan nonakademis.

Salah satu aset yang akan dioptimalkan itu di antaranya adalah keberadaan fakultas baru UM yang akan dilaunching hari ini. Yaitu Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Dimana fasilitas penunjangnya diharapkan juga bisa dimanfaatkan oleh umum. Misalnya saja kolam renang pendidikan dan sport center. “Kami berharap fasilitas yang ada bisa mendukung untuk mewujudkan wisata pendidikan. Sehingga masyarakat tertarik untuk datang ke kampus,” ungkapnya. (oci/lim) (Rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s