Senin ini PSB Online Dibuka untuk Pendaftar dari Luar Kota

Senin besok dibuka pendaftaran registrasi siswa luar kota untuk mengikuti pendaftaran siswa baru online (PSB online). Pendaftaran ini akan dilayani hingga 5 Juli nanti. Artinya ada rentang satu minggu sebelum pendaftaran PSB online dibuka pada 7 Juli nanti. Untuk menampung serbuan siswa luar kota ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang menyiapkan 34 loket untuk registrasi. 34 loket ini tersebar di 24 SMP negeri dan 10 SMA Negeri di Kota Malang.

“Supaya tidak ada antrean dan semua siswa luar kota terlayani dengan baik, maka loket registrasi tahun ini diperbanyak. Semua sekolah negeri bisa melayani registrasi ini,” ungkap Kabid Pendidikan Menengah Disdik Kota Malang Drs Sugiharto kepada Malang Post.

Untuk mendaftar di loket registrasi ini, kata dia syaratnya adalah membawa Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dan ijazah. Jika syarat ijazah belum bisa dipenuhi, bisa menggunakan surat keterangan lulus (SKL) yang mengetahui kepala sekolah. Untuk pendaftar ke SMP, tidak perlu lagi mengikuti Uji Baku Mutu (UBM) seperti tahun lalu. Sehingga nilai yang dibawa dari luar kota akan dihargai sama saat mendaftar di Kota Malang. Tidak ada pengurangan atau yang lainnya. Hanya saja untuk siswa luar kota ini tidak bisa leluasa mendaftar. Sebab mereka dibatasi dengan pagu sebesar 10 persen saja.

“Pagu ini diberikan untuk melindungi siswa dari kota Malang sendiri. Jangan sampai anak-anak di Kota Malang tidak bisa mendaftar karena serbuan siswa luar kota,” tegasnya.

Sementara untuk pendaftar ke SMA, tahun ini petugas entry data menyiapkan sistem baru. Yang akan terpasang di online bukan lagi Nilai UN (NUN), melainkan rata-rata yang diperoleh siswa per mata pelajaran. Sebab tahun ini jumlah mata pelajaran UN SMP bertambah satu. Dari tiga mata pelajaran menjadi empat. Sehingga yang akan dipasang sebagai passing grade adalah rata-rata nilai yang dicapai, bukan jumlahnya.

“Kalau ada pendaftar tahun lalu yang nilainya 24 misalnya berarti rata-ratanya delapan, dan kalau ada siswa tahun ini yang punya nilai 32 maka rata-ratanya juga delapan. Itulah yang menjadi patokan penerimaan tahun ini. bukan dari jumlah nilainya,” ungkap Ketua II PSB SMAN 3 Malang Handri Priyanto kepada Malang Post.

Sementara itu jika dilihat dari rata-rata UN SMP, tahun ini persaingan ke SMA negeri akan didominasi siswa dengan nilai rata-rata 7 ke atas. Sementara nilai rata-rata yang bisa berkesempatan bersaing di SMA negeri favorit adalah pemegang rata-rata diatas sembilan. (oci) (Rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Indonesia, Malang, Malang Raya, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s