SBPP SBI Tahun Kemarin 5jt, Besaran Biaya Pendidikan Makin Mencemaskan

Sikap tertutup sekolah mengenai sumbangan biaya pengembangan pendidikan (SBPP) di sekolah bertaraf internasional (SBI), memantik penasaran dan was-was para orang tua.
Mereka khawatir dengan jumlah SBPP yang mungkin saja tahun ini naik. Sementara jika mengaca SK Walikota tahun lalu, SBPP SBI mulai SD hingga SMA sama besarannya, yaitu Rp 5 juta.
‘’Kalau saya tahunya di website SMAN 3 Malang untuk biaya SBI tahun lalu Rp 5 juta dan begitupun dengan tahun ini. Jadi saya ingin kepastian soal ini,’’ ungkap salah satu orang tua siswa dalam acara sosialisasi dan wawancara untuk calon wali murid SMAN 3 Malang kemarin.

Pria yang mengaku seorang PNS ini menuturkan, ia pun sempat kaget saat membaca ada sebuah sekolah SBI di Semarang yang menetapkan biaya pendidikannya sampai Rp 30 juta. Bahkan ada eberapa calon siswa yang dinyatakan lolos, ternyata justru berkomitmen untuk membayar lebih dari Rp 30 juta. Karena fakta itulah ia bertanya apakah SMAN 3 Malang juga menerapkan sistem seleksi seperti itu.

Tahun lalu, pihak sekolah memanggil orang tua untuk wawancara. Dalam wawancara itu, ditanyakan kepada orang tua mengenai kemampuan menyumbang kepada sekolah. ‘’Jumlahnya bervariasi, tapi rata-rata di atas Rp 7,5 juta, bahkan ada yang menyumbang sampai Rp 25 juta. Tapi itu inisiatif orang tua sendiri, karena pihak sekolah memberi batas minimal,’’ tegas orang tua siswa yang tahun lalu memasukkan anaknya di sekolah favorit itu.

Sayangnya keinginan wali murid ini belum bisa terjawab. Bahkan Penanggung Jawab Program SBI SMAN 3 Malang, Abdul Tedy Rahman tetap bersikukuh bahwa soal biaya belum menjadi topik pembicaraan kemarin.

‘’Sesuai dengan komitmen awal, sebelum SK Walikota yang baru diterbitkan maka belum ada penetapan sumbangan dan sebagainya. Jadi kami tidak bisa menjawabnya,’’ ungkapnya.

Sekedar gambaran, SK Walikota tahun 2007 setidaknya bisa menjadi acuan bagi para orang tua. Yang diantaranya khusus untuk SBI di SDN Kauman I, biaya masuk mencapai Rp 5 juta, di SMPN RSBI rata-rata biaya masuk dikenakan sebesar Rp 3-5 juta. Sementara di SMA RSBI sumbangan rata-rata Rp 5 juta.

Ketua Program SBI SMPN 1 Malang, Dra Dewi Rukiati menuturkan, biaya kelas SBI di SMPN 3 Malang tahun lalu dibebankan sebesar Rp 3 juta per siswa.

Namun karena ada orang tua siswa ada yang hanya mampu membayar Rp 500 ribu saja, sehingga ketentuan pun dirubah. Untuk tahun ini kemungkinan biaya kelas SBI tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Kalaupun ada kebijakan kenaikan biaya, tidak akan mencolok perbedaan jumlahnya dari tahun lalu.

Sementara itu beberapa orang tua siswa yang kemarin mengikuti tes wawancara di SMAN 5 Malang mengakui, sekolah mulai meminta komitmen orang tua untuk dukungan proses belajar di sekolah SBI. Sebab masih ada beberapa program yang belum diwujudkan di sekolah.

‘’Ya kami sadar, kalau di SBI biayanya memang lebih tinggi. Tapi kami merasa sudah siap karena memang keinginan anak sekolah di sini,’’ ungkap Endang, salah satu wali murid yang mengaku datang dari Wajak. (oci/avi) (Rosida/malangpost)

3 Komentar

Filed under Indonesia, Malang, Malang Raya, Pendidikan

3 responses to “SBPP SBI Tahun Kemarin 5jt, Besaran Biaya Pendidikan Makin Mencemaskan

  1. ardansirodjuddin

    Pendidikan memang mahal Bapak, jangan lagi melihat pendidikan sebagai paradigma sosial, tetapi sekarang ini melihatlah pendidikan sebagai paradigma bisnis. Perusahaan yang bagus akan mendapat branch bagus di masyarakat demikian juga lembaga pendidikan. Silahkan baca tulisan saya di http://www.ardansirodjuddin.wordpress.com/2008/06/11/pendidikan-memang-harus-mahal/
    Matur nuwun

  2. Mas…jadi intinya tuh ada kaitan erat antara pendidikan dengan bisnis ya. Memprihatinkan banget, salam kenal

  3. madreamer

    memang kalau mau bikin barang bagus, tentu harus dengan modal yang ‘bagus’ pula, hehehe… bukannya saia mendukung pendidikan mahal, tapi saia rasa jumlah 5 juta tergolong standar untuk ukuran kelas internasional. kalau untuk reguler sih memang mahal…
    tapi sebenernya kalo minta keringanan juga boleh kok. saya fresh graduate SMAN 3 Malang dan temen saya dulu yang juga di SBI (angkatan pertama) bisa dapet cuma 1,5 juta.
    pinter2nya nawar aja sih…^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s