Raih Doktor Berkat Laporan Keuangan Syariah

Laporan Keuangan Syariah yang disusun dari nilai-nilai syariah Islam belum dipraktikkan di Indonesia. Lembaga syariah yang ada masih mengadopsi laporan keuangan konvensional, yang sebenarnya tidak pas dengan prinsip syariah.

Karena itu, Aji Dedi Mulawarman, mahasiswa program pascasarjana Universitas Brawijaya (UB) Malang mengangkatnya sebagai tulisan disertasi, dengan judul Laporan Keuangan Berbasis Tazkiyah: Mengembangkan Teknologi Akuntasi Syariah dari Realitas Masyarakat Muslim Indonesia.

“Hasil disertasi ini rencananya akan diminta BMT center Jakarta untuk bisa diaplikasikan di BMT yang ada di Indonesia. MoU nya sudah dibuat minggu lalu,” ungkapnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Direktur Masjidil Ilm Bani Hasyim Singosari ini menuturkan laporan keuangan konvensional sebenarnya belum mengakomodir prinsip syariah. Perbedaan pokok adalah selama ini keuangan syariah baru mengeluarkan biaya untuk zakat, halal, dan toyib setelah laba diperoleh. Sehingga pengeluarannya dikeluarkan sebagai biaya. Padahal zakat ini digunakan untuk tujuan pensucian harta. Sehingga seharusnya sesuai prinsip syariah, zakat dikeluarkan terlebih dahulu sebelum dibelanjakan.

Keuntungan yang didapatkan jika menggunakan laporan keuangan syariah menurut pria yang juga menjabat Direktur Lembaga Riset Keuangan Syariah Tjokro Aminoto Yogyakarta ini perusahaan tidak hanya mendapatkan keuntungan saja. Tapi, juga rezeki yang barokah, dan bisa mempertanggungjawabkan kepada Tuhan.

“Laporan konvensional tidak sesuai dengan nilai syariah, dan yang diuntungkan hanya pemilik perusahaan saja,” tegasnya.

Dedi kemarin mendapatkan gelar doktor dengan predikat cumlaude. Dengan promotor Prof Iwan Triyuwono SE Ak Mec Phd, dan ko promotor Gugus Irianto SE Ak MSA Phd, dan Dr Unti Ludigdo SE Ak Msi. (oci/udi) (Rosida/malangpost)

1 Komentar

Filed under Malang, Pendidikan

One response to “Raih Doktor Berkat Laporan Keuangan Syariah

  1. berita tentang proses ujian doktoral aji dedi mulawarman lihat juga di http://intiep.wordpress.com atau http://masjidililm.wordpress.com
    mengenai aji dedi mulawarman silakan lihat di http://ajidedim.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s