Siswa SMP yang gagal dalam UNAS, kemarin mengikuti UNPK Paket B

Sekitar 1513 siswa SMP yang tidak lulus Ujian nasional (UN) 2008 kemarin mengikuti ujian nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket B. Peserta terbanyak diantaranya berasal dari SMP swasta dan SMP Terbuka di Kota Malang.

“Semua siswa yang tidak lulus UN SMP sudah kami daftarkan di UNPK Paket B,” kata Kabid PLS Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang JS Boediono kepada Malang Post, kemarin.

Selain peserta formal, ada juga peserta Paket B reguler yang mengikuti ujian. Jumlahnya 312 warga belajar (WB) terdiri dari 18 WB di Klojen, 94 WB di Blimbing, 125 WB di Kedungkandang, 48 WB di Lowokwaru, dan 25 WB di Sukun. Selain peserta Paket B ada pula peserta Paket A yang juga mengikuti ujian, kemarin. Jumlahnya untuk reguler Paket A 114 siswa. Terdiri dari 40 WB di Blimbing, 54 WB di Kedungkandang, dan 20 WB di Sukun.

“Untuk siswa Paket A ini ujiannya dipusatkan di tiap kecamatan. Mengingat peserta Paket B ini usianya sudah tua, jadi panitia yang mendekatkan diri ke mereka,” ungkapnya.

Menurut Boediono, peserta formal diharapkan bisa mempersiapkan ujian dengan matang. Sebab UNPK bobot soalnya hampir sama berat dengan UN SMP. Apalagi jumlah mata pelajaran yang diujikan cukup banyak. Kalau UN SMP hanya 4 mata pelajaran, sementara UNPK ini ada enam mata pelajaran.

Untuk hari pertama, kemarin yang diujikan PKn dan Matematika, hari kedua IPS dan Bahasa Indonesia, hari ke tiga IPA dan Bahasa Inggris. Untuk syarat lulus, siswa juga harus mencapai nilai rata-rata 5,25 sama dengan UN. Pengumuman UN SMP diharapkan bisa diumumkan pada satu bulan setelah ujian dilangsungkan.

“Kami upayakan pengumuman hasil UNPK bisa secepatnya dilakukan, karena itu setiap hari kami kirimkan Lembar Jawaban Komputer (LJK) nya ke Provinsi supaya cepat diperiksa,” ungkapnya. (oci/udi)
(Rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Indonesia, Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s