Soal Gerobak Sampah Ditangani Cikartarung

Menindaklanjuti jual beli gerobak sampah UPTD Permukiman Kebersihan dan Pertamanan Singosari yang mencuat beberapa waktu lalu. Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Cikartarung) Kabupaten Malang Ir. Romdhoni menegaskan bakal memanggil kedua belah pihak.

Menurut Romdhoni supaya fair pihaknya bakal mengundang kedua belah pihak. Baik pelapor yaitu petugas sampah dan UPTD yang melakukan pungutan atau jual beli gerobak sampah. Hal itu dilakukan supaya informasi tidak sepihak dan berdasarkan keterangan yang berimbang. Namun, mantan Kepala Dinas Binamarga itu tidak mengatakan kapan pemanggilan itu dilakukan.

“Semua dilakukan agar tidak ada prasangka,” tandasnya kepada Malang Post. Ia mengaku, masalah yang mencuat itu terjadi saat Romdhoni masih menduduki jabatan Kepala Dinas Bina Marga. Sedangkan sebelumnya, bidang Kebersihan dibawah Dinas Permukiman yang dipimpin Didik Budi Mulyono yang sekarang menjadi Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sehingga dimungkinkan, Romdhoni tidak memahami seluk beluk sewa pakai atau pembelian gerobak sampah. Seperti diberitakan Malang Post sebelumnya, Subur seorang pekerja pengangkut sampah di RW 04 diwajibkan membeli gerobak sampah seharga Rp 750 Ribu serta membayar biaya pembuangan sampah Rp 200 Ribu – Rp 250 Ribu per bulan. Namun, pembelian gerobak tersebut menurut Subur dituliskan dalam kuitansi sebagai pinjam pakai.

“Saya membayar uang gerobak itu sekitar bulan Januari lalu pada Mustofa Heru P salah satu staff UPTD. Tapi entah kenapa dalam kuitansi ditulis sebagai pinjam pakai,” ungkapnya kepada Malang Post.

Kejadian yang menimpa Subur tersebut lantas mengundang perhatian tujuh Ketua RT di wilayah RW 4. Mereka membuat surat tertulis kepada Bupati Malang lengkap dengan stempel dan tanda tangan masing-masing. Menurut Ketua RW 4 Yuli Martoto, pihaknya berharap mendapat kepastian pembelian tersebut.

‘Persoalannya pembelian atau sewa pakai itu dibenarkan atau tidak, terus terang kami kasihan dengan petugas gerobak itu,” ungkapnya kepada Malang Post ketika itu.(ary/eno) (bagus ary/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s