Terdapat 22ribu Dosen, Jatim Baru Dapat Jatah Sertifikasi 447

Ketua Kopertis Wilayah VII, Prof Dr Ir Nadjadji Anwar MSc mengatakan, sertifikasi dosen yang akan dimulai pada 2008 ini, Jatim mendapatkan kuota sebanyak 447 dosen dan 52 guru besar.

Menurutnya, untuk dosen jumlahnya masih sedikit, karena dari total 22 ribu dosen di Jatim baru mendapatkan jatah 447 orang saja. Sedangkan untuk guru besar dari jumlah 65 orang mendapatkan jatah 52 orang.

“Sertifikasi ini akan dilakukan bertahap sampai tuntas.
Kuota dosen memang masih sedikit. Tapi untuk guru besar hampir semua guru besar yang pengangkatannya efektif pada Januari 2008 mendapatkan jatah sertifikasi. Sisanya yang baru efektif 2009 belum,” kata Nadjadji saat menghadiri acara Pengukuhan Guru Besar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Sabtu (28/6).

Secara nasional, lanjutnya, ada jatah 12 ribu dosen yang akan disertifikasi tahun ini. Di Jatim telah dibagi beberapa perguruan tinggi pelaksananya. Diantaranya, terdiri 6 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan tiga Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Untuk PTN masing-masing ITS, Unair, Unesa, Unej, UB, dan UM. Sedangkan tiga PTS yaitu UMM, Untag, dan UPN Veteran Surabaya.
PTN/PTS ini masih dibagi lagi dalam kategori perguruan tinggi pembina sertifikasi dosen (PTP-Serdos) terdiri dari ITS, Unair dan UB. Sementara Unesa, Unej dan UM dikategorikan mandiri. Untuk PTP Serdos selain menyelenggarakan sertifikasi dosen, juga bertugas membina PT binaannya. Seperti UB yang menjadi pembina untuk UMM.

“Saat ini tahapannya masih dalam tahap sosialisasi dan rekrutmen asesor. Melalui sosialisasi diharapkan dosen siap untuk mengikuti sertifikasi dan melengkapi persyaratannya,’’ ungkapnya. (oci/udi) (Rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s