PTN Pakai NUN Sebagai Syarat Memilih Fakultas

Calon mahasiswa baru (camaba) dari SMA sederajat mulai tahun depan tidak bisa seenaknya memilih fakultas di perguruan tinggi negeri (PTN). Itu menyusul kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Depdiknas yang mengharuskan PTN memakai nilai ujian nasional (NUN) untuk syarat memilih fakultas.

Syarat NUN itu digunakan saat lulusan SMA sederajat mendaftar seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM-PTN). Kebijakan Depdiknas itu kemarin disampaikan Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Ditjen Dikti Depdiknas Prof Mochmamad Munir di sela-sela sidak SNM-PTN di UB (Universitas Brawijaya).

Ditjen Dikti beralasan, sudah waktunya NUN lebih dimanfaatkan untuk kelanjutan pendidikan lulusan SMA. “Selama ini nilai UN kan tidak ada gunanya. Belum banyak manfaatnya,” tegas Munir.

Bagaimana teknisnya? Munir menjelaskan, sebagai gambaran awal, teknisnya nanti akan dibuat perankingan hasil UN. Ranking itu untuk pengelompokan saja. Misalnya, masuk FK (fakultas kedokteran) minimal nilainya 48. Jika ada siswa NUN-nya di bawah 48, maka ia tidak bisa masuk fakultas kedokteran.

Meski begitu PTN tetap wajib menyelenggarakan tes masuk. Tapi, materi tes harus dengan format berbeda. Tidak seperti sekarang ini, materi tes SNM-PTN cenderung pengulangan materi UN. Materi tes PTN harus lebih menggali misi dan visi peserta dalam menjatuhkan pilihan jurusan.

“Ya, semacam schoolastic test. Bukan semata-mata tes TPA (tes potensi akademik). Dari hasil schoolastic test ini bisa untuk melihat potensi peserta sesungguhnya,” ungkapnya.

Dengan tes itu sangat memungkinkan melihat gambaran kemampuan peserta dari hasil UN. Misalnya, nilai matematika siswa dapat sembilan. Nilai sembilan itu apakah murni kemampuannya atau tidak. ”Nilai itu nanti akan terlihat. Penentuannya nanti ditambah hasil tes psikologi,” ujarnya.

Terpenting juga, dengan schoolastic test akan membantu peserta. Artinya, jurusan yang dipilih peserta harus benar-benar sesuai minatnya. Banyak kasus, terkadang pilihan peserta merupakan ambisi dari orang tuanya. Sehingga tak jarang mahasiswa putus di tengah jalan karena memang kurang berminat dengan jurusan yang dipilih.

Terkait kebijakan menyertakan nilai UN sebagai syarat masuk PT, pemerintah juga akan melakukan perbaikan semua sistem. Termasuk penyelenggaraan UN sendiri. Meski sekarang ini sudah mengalami banyak peningkatan, namun pelaksanaan UN masih tetap perlu disempurnakan.

“UN tetap perlu digelar, karena untuk memetakan di tingkat nasional. Tapi perlu terus ada perbaikan standarisasinya,” katanya.

Ketua LP3 (Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan) Unibraw Prof Hendrawan Soetanto yang dihubungi terpisah kemarin menilai, kebijakan memasukkan nilai UN (Ujian Nasional) menjadi poin masuk ke PT (perguruan tinggi) justru terlambat. Seharusnya, kebijakan tersebut diterapkan sejak ada pemberlakuan UN.

“Kalau tujuan UN sebagai standarisasi mengukur kemampuan siswa, semestinya memang harus digunakan. Di luar negeri, seperti Australia, malah sudah menggunakan nilai UN untuk masuk ke PT,” ungkap Hendrawan.

Secara esensi, nilai UN sekarang ini tidak ada kegunaan riil. Padahal penyelenggaran UN menelan dana tidak sedikit. “Cuma yang perlu digarisbawahi, sejauh mana transparasi penilaian UN. Kemurnian penilaian harus tetap dijaga kalau memang akan ikut dijadikan acuan,” ujar guru besar fakultas peternakan ini.

PR I UM (Universitas Negeri Malang) Kusmintarjo mengaku sepakat dengan kebijakan pemerintah menyertakan nilai UN untuk syarat masuk PTN. Dia menilai, pelaksanaan UN sekarang ini seperti terputus. “Jika NUN di SD dan SMP masih bisa digunakan, di SMA tak ada kelanjutannya,” ungkapnya.

Kendati begitu yang paling penting dari kebijakan baru itu nanti pelaksanaan NUN harus dapat dipertanggungjawabkan. Sebab sudah menjadi rahasia umum, kemurnian pelaksanaan UN malah dipertanyakan. (hap/war/radar malang)

Iklan

1 Komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang, Pendidikan

One response to “PTN Pakai NUN Sebagai Syarat Memilih Fakultas

  1. Ping-balik: Nilai UN Jadi Syarat Masuk PTN « Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s