Peserta Jalur Mandiri Tak Bisa Daftar di PSB Online

Pendaftaran Siswa Baru (PSB) online Kota Malang dibuka Senin (7/7) mendatang. Jalur ini bisa dimanfaatkan oleh semua siswa, termasuk siswa yang salah pilih saat mendaftar di PSB online tahun lalu.

‘’Pendaftaran PSB online bisa diikuti oleh siswa lulusan tahun ini, siswa lulusan tahun lalu, baik dari luar dan dalam kota. Termasuk siswa luar kota maupun siswa lulusan kejar paket A dan B,’’ ungkap Kabid Pendidikan Menengah Disdik Kota Malang Drs Sugiharto kepada Malang Post.

Hanya untuk siswa lulusan tahun lalu yang saat ini mengulang, atau bahkan menganggur di rumah, harus mengikuti pendaftaran registrasi siswa yang berakhir Sabtu, hari ini.

Pendaftaran registrasi ini bisa dilakukan di semua sekolah negeri. Jika tidak mengikuti registrasi, maka siswa tersebut tidak akan bisa mendaftar.

Registrasi ini dimaksudkan untuk memasukkan database siswa yang belum ada di dalam sistem PSB online. Dan siswa pun bisa mendaftar Senin nanti tanpa harus meminta rekomendasi dari Disdik Kota Malang.

Sementara kasus salah pilih dalam PSB online ini bisa saja terjadi dan pernah terjadi tahun sebelumnya. Dimana siswa salah mengurutkan pilihan sekolah yang akan dimasukinya.

Misalnya saja, ada siswa dengan Nilai Ujian Nasional (NUN) 27,00. Seharusnya NUN ini bisa lolos di SMAN favorit, namun karena salah mengurutkan pilihan akhirnya ia diterima di SMAN lainnya. Karena itulah Sugiharto mengingatkan meskipun semua sekolah bebas dipilih, namun pilihan harus bertanggung jawab.
Terkait siswa yang sudah diterima di PSB Jalur tes, menurut dia tidak mungkin bisa menembus PSB online. Karena data mereka sudah di protect oleh sistem PSB yang didesain oleh Disdik itu.

‘’Kalau pun ada siswa di jalur Mandiri yang ingin mencoba-coba jalur online tidak akan bisa mendaftar. Karena data mereka sudah kami protect,’’ tegasnya.

Sementara itu pendaftaran PSB online ini rencananya akan dibuka selama tiga hari saja. Yaitu 7,8 dan 9 Juli. Pendaftarannya bisa dilakukan di semua sekolah peserta PSB online.

Pendaftaran di buka pukul 08.00 Wib sampai pukul 14.00 WIB. Hasil seleksi akan diumumkan pada 10 Juli. Khusus SMK pendaftar harus mengikuti tes khusus yang dimulai pada 30 Juni sampai 7 Juli. Dan pendaftarannya bisa dilakukan pada semua SMK sesuai dengan program keahlian yang dibuka. (oci/avi)
(rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s