PSB SMP dan SMA Jalur Tes Hari Ini Diumumkan

Hari ini, pengumuman penerimaan siswa baru jalur tes di rintisan SMP dan SMA Bertaraf Internasional (RSBI) digelar. Tingginya animo pendaftar di jalur tes ini, sedikit banyak membuat sekolah kelabakan.
Di SMAN 1 Malang misalnya, hingga sore kemarin sekolah dibuat sibuk. Sebab ada beberapa siswa yang gradenya sama. Bisa jadi ramainya pendaftaran karena gratis.

‘’Karena gratis jadi pendaftarnya banyak. Meski demikian seleksi kami lakukan dengan ketat untuk mendapatkan input yang siap menerima pembelajaran di kelas SBI ini,’’ ungkap Kepala SMAN 1 Malang Drs HM Shulton M.Pd kepada Malang Post kemarin.

Selain seleksi yang ketat, menurut Sulthon, di jalur ini Nilai Ujian Nasional (NUN) tinggi tidak bisa menjadi jaminan diterima. Sebab ada tes potensi akademik dan tes wawancara bahasa Inggris yang menjadi ukuran sebenarnya kemampuan siswa.

Ia mencontohkan, ada beberapa peserta yang NUN nya tinggi di atas 37 koma. Namun saat wawancara ternyata bahasa Inggrisnya kurang bagus. Sebaliknya ada pendaftar dengan NUN 32,00 bahkan 31,00 yang ternyata lancar berbahasa Inggris saat wawancara.

‘’Ternyata kebijakan Dinas Pendidikan Kota Malang untuk memperbolehkan NUN di bawah 32 mendaftar di jalur tes ini beralasan. Buktinya saat tes TPA dan wawancara mereka juga lebih baik dibandingkan peraih NUN tinggi,’’ tegasnya.

Meski seleksi cukup ketat, namun SMAN 1 Malang siap mengumumkan hasil seleksinya hari ini sekitar pukul 09.00 WIB. Dari 359 pendaftar untuk jalur ini rencananya akan diterima 108 siswa dengan rincian 96 diterima dan 12 orang cadangan.

Sementara itu SMAN 3 Malang pun siap mengumumkan hasil seleksi jalur tes hari ini. Menurut Penanggung Jawab Program SBI SMAN 3 Malang Abdul Tedy Rahman ada 174 siswa yang akan diterima di jalur ini.

Sementara di SMPN 5 Malang yang juga membuka kelas RSBI rencananya akan mengumukan hasil seleksi hari ini. Ada 99 siswa yang akan diterima dari 173 pendaftar.

Menurut Humas SMPN 5 Malang Budi Santoso siswa jalur ini kualitasnya cukup bagus. Sehingga sekolah menambah satu kelas untuk RSBI dari semua dua kelas menjadi tiga kelas.

SMPN 1 Malang juga sudah menyiapkan pengumuman untuk SBI nya. Meski koreksi hasil seleksi hanya melibatkan guru-guru namun dijamin proses seleksi dilakuakn dengan transparan.

‘’Seleksi didasarkan dari kualitas, sebab kelas SBI ini berat. Tidak mungkin kami menerima siswa yang tidak mampu akademisnya,’’ tegas Ketua Program SBI SMPN 3 Malang Dra Dewi Rukiati. (oci/avi) (Rosida/malangpost)

1 Komentar

Filed under Kabupaten Malang, Malang, Malang Raya, Pendidikan

One response to “PSB SMP dan SMA Jalur Tes Hari Ini Diumumkan

  1. Tlg diberitahukan melalui email juga bisa siswa/i yg namanya tercantum diterima di sma/smp manakah???

    1. CINDHANA PRAVITASARI dari SDN Punten 1 Kota batu. Nilai : 46.15

    2. Ervina Mayangsari dari SD Islam Al Irsyad Batu

    3. Erick Wisnu Baskara dari SMP 2 Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s