Pendaftar Luar Kota Masih Cukup Banyak

”Pendaftar

Animo masyarakat dari luar kota Malang untuk mendaftar di sekolah-sekolah negeri di Kota Malang cukup tinggi. Buktinya, hingga kemarin masih banyak pendaftar dari luar kota yang mencari nomor register. Padahal sesuai aturan, pendaftaran registrasi siswa luar kota berakhir pada Sabtu 30 Juni lalu.

“Kami memberikan toleransi khusus hari ini saja (kemarin, red). Sebab mereka sudah jauh-jauh datang ke Malang. Kasihan kalau ditolak hanya karena tidak tahun jadwal,” kata Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdik Kota Malang Drs Sugiharto kepada Malang Post, kemarin.

Menurutnya, toleransi ini hanya diberikan satu hari saja. Sebab sebenarnya sesuai aturan, batas registrasi ditutup Sabtu lalu. Namun, demi memberikan pelayanan kepada masyarakat, akhirnya posko melayani register. Baik untuk siswa luar kota, siswa lulusan tahun lalu dan juga siswa lulusan kejar paket.

Salah satu orang tua siswa yang nampak kebingungan karena belum registrasi adalah Eko. Warga yang tinggal di Lawang ini mengaku sejak pukul 07.00 WIB sudah mulai mendaftarkan anaknya di SMAN 7 Malang. Namun, ternyata data belum bisa dientry karena belum melakukan registrasi. Karena tidak faham dengan aturan PSB online, dia pun pergi ke kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Malang di Kepanjen untuk mendapatkan surat rekomendasi. Namun tetap saja tidak bisa online. Akhirnya sekitar pukul 13.00 WIB dia ke Disdik Kota Malang untuk melakukan registrasi. “Untungnya masih ada kesempatan register, sebab saya benar-benar tidak faham kalau ada aturan ini,” tegasnya.

Sementara itu, PSB online akan dibuka hingga Rabu besok. Pendaftar dihimbau untuk mendaftar di sekolah yang dekat dengan lokasi rumahnya. Sebab dari sekolah manapun pendaftar bebas memilih sekolah yang akan dimasuki. Sehingga tidak perlu berjubel di sekolah-sekolah tertentu. Seperti kemarin antrean panjang terjadi di SMPN 5 Malang. Bahkan hanya beberapa jam dibuka, panitia sudah kehabisan formulir.

Menurut Kasi Kurikulum Disdik Kota Malang Drs Suyitno Disdik sudah menyiapkan ribuan formulir. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir jika sampai kehabisan. Sekolah-sekolah bisa menambah formulir dan mengambilnya di kantor Disdik Kota Malang.

“Formulir kan bisa difoto kopi, tidak usah panik kalau formulir sampai habis. Pendaftar bisa mendaftar di sekolah lain yang masih sepi,” tegasnya.

Beberapa sekolah yang menambah formulir kemarin diantaranya SMPN 11 sebanyak 200 formulir, SMAN 10 sebanyak 200 formulir, SMPN 11 sebanyak 200 formulir, dan SMPN 16 sebanyak 100 formulir. (oci/udi) (Rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s