Walau Sudah Ditutup, Pergeseran Hasil PSB Masih Bisa Terjadi

Meski pendaftaran siswa baru (PSB) online sudah ditutup, namun data belum final. Data baru bisa diumumkan secara pasti pada pukul 10.00 WIB hari ini. Dan sebelum itu, masih dimungkinkan ada pergeseran-pergeseran siswa di jalur online.

‘’Kami masih harus melakukan verifikasi data yang masuk. Sebab bisa jadi ada data dobel sehingga kami perlu meresetnya sehingga terhapus dari sistem. Untuk itu masih ada waktu hingga pukul 10.00 WIB besok (hari ini, Red.),’’ ungkap Koordinator Pendamping PSB online Kota Malang, Nanang Yudi, kemarin.

Nanang menuturkan kemungkinan data dobel ini akan terus ditelusuri oleh tim teknis. Sebab tahun lalu, ternyata masih ada data yang ditemukan dobel.

Artinya satu pendaftar diterima di dua sekolah. Human error ini mungkin saja terjadi. Kalaupun ditemukan, menurut dia hal ini akan menguntungkan bagi pendaftar.

Sebab dengan dihapusnya satu nama saja di jalur online, maka kesempatan untuk siswa yang belum masuk dalam pagu sekolah bisa didapatkan. Siswa yang awalnya tergeser bisa jadi kembali masuk di dalam pagu.

Sementara itu pantauan hari terakhir PSB online kemarin pendaftaran di beberapa sekolah mulai sepi. Pergerakan nilai batas atas dan bawah pun juga semakin melambat.

Hanya ada beberapa siswa dari luar kota yang baru mulai mendaftar. Alasannya karena baru tahu jadwal kemarin. NUN sementara yang tercatat hingga pukul 18.46 kemarin nilai rata-rata yang masuk ke SMPN 3 Malang masih tertinggi diantara 24 sekolah negeri yang lain. Yaitu 9,31. Berbeda tipis dengan SMPN 1 Malang yaitu 9,3.

Disusul SMPN 5 Malang dengan nilai rata-rata 9,25. Dan nilai terendah yang bisa lolos di kursi negeri 6,433 di SMPN 22. Sementara untuk nilai rata-rata yang masuk di SMAN 3 dan SMAN 1 Malang mengalami penurunan. Tahun lalu nilai minimal masuk ke dua sekolah favorit ini adalah nilai rata-rata 9. (oci/avi)
(rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s