Daftar Ulang SMPN 3 untuk Jaring Siswa SSN

kegiatan belajar di SMPN 3 Malang.

kegiatan belajar di SMPN 3 Malang.

Daftar ulang di SMPN 3 Malang yang dilakukan hingga hari ini akan menjaring siswa untuk masuk di kelas Sekolah Standar Nasional (SSN) plus. Kelas SSN Plus ini sebenarnya sama dengan konsep Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dengan status mandiri. Dimana siswa mendapatkan pembelajaran bilingual untuk beberapa mata pelajaran tertententu.

“Siswa kelas SSN plus ini rekrutmennya melalui dua jalur, yaitu jalur tes dan jalur PSB online. Dan ada tes khusus yaitu tes potensi akademis (TPA),” ungkap Humas SMPN 3 Malang, Sumaryono S.Pd.

Pembukaan kelas SSN plus ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Yaitu untuk menampung anak-anak yang cerdas istimewa dan berbakat untuk mendapatkan layanan pendidikan yang diakui secara internasional. Meski hampir sama dengan konsep RSBI mandiri, namun ia menjamin kalau biaya pendidikan yang dibebankan kepada siswa sama dengan RSBI yang lain. Bahkan bisa jadi lebih rendah.

“Hingga kemarin di kelas SSN plus sudah ada 32 siswa yang mendaftar ulang. Padahal sebelumnya ada 64 siswa yang diterima di jalur ini. Kalaupun nanti jumlahnya lebih dari pagu ideal untuk satu kelas yaitu 30 siswa, maka dimungkinkan akan dibuka kelas SSN plus untuk dua kelas,” paparnya.

Selain kelas SSN Plus, SMPN 3 Malang juga menyiapkan kelas akselerasi. Seleksinya masih menunggu ketentuan dari Dinas Pendidikan Kota Malang. Untuk sementara pendaftarnya masih sebanyak 19 siswa. Dan berapa kelas yang akan dibuka untuk akselerasi menurutnya juga tergantung dari peminat dan hasil seleksi siswa yang dianggap mampu secara akademis. (oci/mar) (Lailatul R/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s