Kemarau Datang, PDAM Siap Suplai Air Bersih

Salah seorang warga Desa Karangwidoro  Kecamatan Dau mengambil air dari sumber air di sungai desa setempat. Di desa ini, sepanjang tahun selalu mengalami kesulitan air.

Salah seorang warga Desa Karangwidoro Kecamatan Dau mengambil air dari sumber air di sungai desa setempat. Di desa ini, sepanjang tahun selalu mengalami kesulitan air.


Kepala Bagian Umum Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Malang, Syamsul Hadi, mengatakan kesiapan mensuplai air bersih ke desa-desa yang dilanda kekeringan di kabupaten Malang. Untuk sementara pengiriman air digratiskan, tapi nantinya diharapkan pengertian warga ikut menanggung biaya pengiriman. “Kami hanya berharap agar warga mengerti dan ikut membantu ongkos pembelian BBM, ucapnya beberapa waktu lalu.

Menurut Syamsul, hingga saat ini baru Kecamatan Pagak yang mengajukan permohonan pengiriman air bersih. Setiap hari, PDAM mengirim tiga sampai empat tangki air, dengan kapasitas 4 ribu liter air setiap tangki. Pengiriman sudah dilakukan sejak tiga minggu lalu.

Dikatakannya, sejak terjadi musim kemarau, lebih dari seribu keluarga di Desa Sumberejo dan Desa Pagak, Kecamatan Pagak, mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. Di Dusun Bandarangin, Sumberejo, Pagak, setiap musim kemarau, warga bergantung pada air hujan dan air tanah. Terkadang warga setempat terpaksa mengambil air di sumber Kali Tumpil.

Selain warga Desa Sumberejo, warga Desa pagak harus menempuh jalan berbukit sejauh 2,5 kilometer menuju mata air Sumbersuling dan Sumbernongko, dengan memikul jerigen berisi 20 liter. Kedua sumber air ini berada di lembah sedalam 50 hingga 60 meter, yang masing-masing mengalirkan 8 liter dan 4 liter air per detik.(ary/eno) (Ary Wicaksono/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s