MAN 1 Malang Beri Program Istimewa, Berikan Sertifikat Diploma

Tim FKK SDI ITS saat memberikan materi TOT di MAN Malang 1 kemarin

Tim FKK SDI ITS saat memberikan materi TOT di MAN Malang 1 kemarin

MAN Malang 1 memiliki program istimewa untuk siswanya. Yaitu program sertifikasi diploma satu. Kerjasama antara MAN 1 Malang dengan Forum Komunikasi dan Konsultasi Sumber Daya Insani (FKK SDI) ITS Surabaya. Melalui kerjasama ini maka lulusan MAN Malang 1 selain akan mendapat ijazah Aliyah juga akan mendapat sertifikat setara Diploma dari ITS.

“Setelah lulus maka siswa tidak kebingungan kalau mau bekerja. Sebab mereka sudah memiliki keterampilan yang bersertifikat resmi yang bisa dipergunakan untuk mencari kerja,” ungkap Drs Arif Djunaidi, Wakil Kepala Bidang Kurikulum MAN Malang 1 di sela acara Training of Trainer (TOT) di MAN Malang 1, Jalan Baiduri Bulan, Malang kemarin.

Arif menuturkan program diploma satu ini merupakan terobosan baru di bidang teknologi informasi pada lembaga pendidikan tingkat menengah atas. Penandatanganan MoU tersebut sudah dilaksanakan pada 17 Mei lalu yang disaksikan Kepala Bidang Mapenda Kanwil Depag Jatim Dr H Suyudi M.AG, Kepala Depag Kota Malang Drs H Chomsin M.Ag, Kepala Depag Kabupaten Malang Drs H Afwan Mukarom MA dan pengawas pendidikan dan kepala sekolah di lingkungan Kota Malang maupun kabupaten Malang.

Menariknya siswa tidak perlu menambah studi di jenjang Aliyah untuk mendapatkan sertifikat itu. Sebab pembelajaran materi selama satu tahun di program diploma, akan dimasukkan kedalam pembelajaran selama tiga tahun di Aliyah.

“Setelah dihitung, untuk menyelesaikan program diploma bersama dengan pembelajaran reguler lainnya di Aliyah adalah selama 2,5 tahun. Jadi saat di kelas tiga, program sudah tuntas. Dan saat lulus siswa MAN Malang 1 punya sertifikat keahlian seperti di SMK yang berbasis teknologi informasi,” ungkapnya.
Selain sertifikat dari ITS, menurut Arif untuk program microsoft yang akan diajarkan kepada siswa sertifkasinya langsung diberikan oleh perusahaan microsoft yaitu PT E-BIZ. Untuk magang siswa dijadwalkan pada saat liburan panjang selama satu minggu dengan penempatan magang yang akan ditentukan oleh Madrasah.

Untuk tenaga pengajar khusus program diploma ini, 50 persennya dari FKK SDI ITS dan selebihnya dari guru MAN Malang 1 yang telah lulus sertifikasi dari ITS. Termasuk lulus pelatihan training of trainers (TOT) yang kemarin di gelar di sekolah itu. “Harapannya pemberian sertifikat setara diploma satu dalam bidang teknik informatika ini bisa memberikan nilai plus bagi alumni MAN Malang 1. Sehingga lulusan kami memiliki daya saing dalam bursa kerja yang kompetitif ini sehingga lulusan memiliki ilmu agama dan juga ilmu umum yang bisa bermanfaat,” ungkapnya. (oci/mar/sir) (Lailatul R/malangpost)

2 Komentar

Filed under Indonesia, Malang, Pendidikan

2 responses to “MAN 1 Malang Beri Program Istimewa, Berikan Sertifikat Diploma

  1. haidar

    mohon penjelasan keunggulan yang lain misalnya dalam bahasa, mipa terutama bidang akademik, saya punya keinginan masuk ke man

  2. haidar

    mohon penjelasan keunggulan yg lain masuk ke berbagai perguruan tinggi negeri berapa persen dari kelulusan, dan ada akses kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s