PSB Reguler Ditutup, PSB Jalur Prestasi Diserbu

Masuk ke sekolah negeri, tidak hanya bisa dilakukan di jalur penerimaan siswa baru (PSB) online saja. Namun masih ada lagi jalur masuk yang sudah dipersiapkan khusus oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang. Yaitu PSB jalur prestasi.

Jalur ini bisa dimasuki oleh siswa yang memiliki prestasi di bidang non akademis seperti olahraga dan seni. Siswa yang terpilih, akan mendapatkan tiket khusus menikmati kursi di sekolah negeri di Kota Malang.

‘’Besok (hari ini, Red.) ada seleksi untuk mereka yang sudah daftar ulang. Selanjutnya mereka akan ditempatkan di sekolah-sekolah yang bisa menampung dan memfasilitasi bakat mereka,’’ ungkap Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang Dr HM SHofwan kepada Malang Post.

Shofwan menuturkan, kuota jalur ini pun sudah dirancang sebelum PSB online. Sehingga siswa yang masuk tidak mengganggu pagu yang sudah diperoleh melalui jalur online.

Namun, pagu jalur prestasi ini tidak terlalu besar. Bahkan, kata Shofwan, tidak lebih besar dari kuota siswa luar kota dalam PSB online yang sebesar 10 persen.

Menariknya dengan bekal medali atau sertifikat prestasi, siswa bisa masuk ke sekolah negeri walaupun nilai ujian nasional (NUN) nya lebih rendah dari passing grade sekolah.

Hanya saja penempatan siswa akan disesuaikan dengan kemampuan akademisnya. Kalau yang NUN nya pas-pasan tidak akan ditempatkan di sekolah-skeolah favorit. Jika tidak siswa akan kedodoran saat di sekolah.

‘’Kami akui, kalau siswa yang berprestasi di non akademis, biasanya tidak begitu pandai akademisnya. Jadi penempatan mereka akan disesuaikan dengan kemampuan akademisnya,’’ ungkapnya.

PSB jalur prestasi ini, kata dia, merupakan bentuk penghargaan atas prestasi olahraga dan seni yang dimiliki siswa. Termasuk merupakan upaya untuk mempertahankan predikat Malang sebagai kota prestasi.

Untuk itu penempatan siswa akan disesuaikan dengan prestasi yang dimiliki. Misalnya jika berprestasi olahraga renang, maka akan dicarikan sekolah yang memiliki pembina olahraga renang.
Selain itu, semua sekolah negeri sudah siap jika ditunjuk sebagai tempat untuk menampung siswa yang istimewa itu. ‘’Prestasi di tingkat apapun boleh mendaftar, dan kami akan menyeleksinya,’’ tegasnya.

Sayangnya orang nomor satu di jajaran Disdik Kota Malang ini enggan menyebutkan bagaimana proses seleksinya.

Sementara itu data yang diperoleh Malang Post kemarin, ratusan siswa sudah mendaftar di jalur prestasi ini. Rinciannya ada 49 pendaftar dari SMP menuju SMA negeri, dan ada 66 pendaftar dari SD menuju SMP negeri.

Diantaranya ada yang mendaftar dengan bekal juara tiup langgam Indonesia (drumbband), dan juga prestasi olahraga lainnya. NUN mereka pun beragam, mulai dari NUN 24,00 hingga NUN 34,00. Sekolah yang banyak menjadi pilihan diantaranya adalah SMPN 8, SMAN 4, SMAN 10, SMAN 2, dan beberapa sekolah negeri lainnya.

Sementara itu hari ini juga akan diumumkan sekolah-sekolah yang akan membuka pendaftaran tahap dua. Yaitu pendaftaran untuk menutup kekurangan pagu dikarenakan adanya siswa yang tidak mendaftar ulang setelah diterima di jalur PSB online. (oci/avi) (Lailatul R/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s