Pura Luhur Dwijawarsa Kelurahan Lesanpuro Terima Bantuan Bank Mandiri

Tarian-tarian mengiringi peresmian Pura Luhur Dwijawarsa Kelurahan Lesanpuro Kecamatan Kedungkandang.

Tarian-tarian mengiringi peresmian Pura Luhur Dwijawarsa Kelurahan Lesanpuro Kecamatan Kedungkandang.

Sesuai wujud komitmen PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk dalam bentuk tanggungjawab peningkatan dan pengembangan kualitas kehidupan spiritual masyarakat di Malang, pada 10 Juli 2008 bertempat di Pura Luhur Dwijawarsa Kelurahan Lesanpuro Kecamatan Kedungkandang Malang, telah diserahkan fisik bangunan Bale Pesandekan yang dibangun dari Dana Hibah Bina Lingkungan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk tahun 2008.

Bantuan senilai Rp 90 juta tersebut dinilai sangat strategis mengingat Pura Luhur Dwijawarsa merupakan tempat ibadah umat Hindu terbesar di Malang Raya sekaligus tertua (didirikan sejak tahun 1957). Sehingga keberadaan dan eksistensinya sangat berarti dan diperhitungkan oleh pemuka agama, pemerintah daerah setempat dan masyarakat Hindu di Malang khususnya.

Bangunan Pura yang berdiri di atas lahan 1,3 hektar dan berjarak 9 km dari pusat kota tersebut mampu menampung hingga 1.000 umat Hindu yang secara rutin bersembahyang di sana. Sebuah karateristik yang membedakan sekaligus membanggakan dari Pura Luhur Dwijawarsa adalah letaknya yang berada di tengah pemukiman masyarakat yang mayoritas beragama Islam, sehingga keberadaanya menjadi simbol kerukunan antar umat beragama di wilayah Malang Raya.

Bantuan pembangunan pura tersebut diserahkan oleh Jacob J. Maitimu selaku Area Manager Bank Mandiri Malang kepada Ida Bagus Gandem, Ir. CES selaku Ketua Umum Yayasan Pura Luhur Dwijawarsa Malang disaksikan oleh aparat dari Muspika setempat.

Jacob J. Maitimu menjelaskan, selain di bidang mental spiritual, Bank Mandiri sejak tahun 2000 juga memberikan perhatian lebih bagi pengembangan dunia pedidikan di tanah air melalui Program Mandiri Peduli Pendidikan (MPP). Di tahun 2008 ini di wilayah Malang Raya telah diberikan beasiswa senilai Rp 144 juta bagi 60 siswa SD hingga perguruan tinggi.

Sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam pengembangan sekolah kejuruan, Bank Mandiri juga telah berkomitmen memberikan bantuan pembangunan laboraturium komputer senilai Rp 150 juta untuk sebuah SMK di Kabupaten Malang. Sebagai kelanjutan program tahun sebelumnya, di tahun 2008 ini Direksi Bank Mandiri juga telah meluncurkan Program Wirausaha Muda Mandiri dalam bentuk seminar dan workshop kewirausahaan, edukasi pengembangan usaha bagi nasabah mikro, train to trainer, dan lain sebagainya.

Semua itu diimplementasikan dalam sebuah skema program yang terintegrasi guna menciptakan wirausahawan-wirausahawan baru yang nantinya banyak berperan dan diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi angka kemiskinan yang pada gilirannya akan mampu meningkatkan taraf hidup serta perekonomian masyarakat Indonesia.(oci/lim/adv) (Lailatul R/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s