Arus Balik Liburan, Tiket Tujuan Jakarta Ludes

Sejumlah penumpang rujuan Jakarta yang kecewa karena tidak mendapatkan tiket. Ini karena arus balik pasca liburan melonjak tajam

Sejumlah penumpang rujuan Jakarta yang kecewa karena tidak mendapatkan tiket. Ini karena arus balik pasca liburan melonjak tajam


Arus balik penumpang liburan sekolah belum berakhir juga. Sekalipun masa liburan sekolah sudah berakhir Minggu (13/7) kemarin, tiket kereta api (KA) Gajayana tujuan Jakarta belum tersedia atau habis terjual hingga Selasa (15/7) besok. Antisipasi calo pun ditingkatkan. Sedangkan penumpang bus di Terminal Arjosari juga melonjak sepanjang hari kemarin.

Sejumlah calon penumpang KA Gajayana tujuan Jakarta, kemarin hanya bisa gigit jari di Stasiun KA Kota Baru. Mereka yang umumnya bersama anaknya akan balik ke Jakarta usai liburan sekolah tak mendapat tiket. “Wah kalau begini tidak tahu lagi. Kereta api susah, bus juga begitu. Apalagi pesawat. Repot jadinya, kan anak-anak saya harus masuk sekolah,” keluh Marwanto, arek Malang yang bermukim di Jakarta kepada Malang Post kemarin.

Marwanto tidak sendirian. Kemarin terdapat belasan calon penumpang yang kebingungan di stasiun karena tak mendapat tiket. “Katanya tiket Gajayana habis sampai tanggal 15 Juli,” kata Yusman, calon penumpang lainnya yang tak mendapat tiket.

Kepala Stasiun KA Kota Baru, Setiono kemarin menjelaskan, tiket KA Gajayana sudah habis sampai terjual sampai Selasa (15/7) besok. Setiono belum bisa memastikan apakah Rabu (16/7) sudah normal atau belum. “Kita belum bisa memastikan, karena tergantung pemesanan,” jelasnya. Kemarin kata dia, KA Gajayana mengangkut sekitar 416 penumpang.

Begitu juga dengan KA Matarmaja tujuan Jakarta, KA Penataran tujuan Blitar dan Surabaya serta KA Malang Ekspres juga selalu dipenuhi penumpang di akhir musim liburan sekolah. Karena sedang terjadi lonjakan penumpang, kini pengelola Stasiun KA Kota Baru meningkatkan antisipasi calo. Salah satu caranya, membatasi pembelian tiket KA Matarmaja. “Untuk membeli tiket KA Matarmaja, penumpang yang antre tidak boleh membeli lebih dari empat tiket,” jelas Setiono. Ketentuan ini juga diumumkan di loket penjualan tiket.

Sementara itu di Terminal Arjosari, kemarin terjadi peningkatan jumlah penumpang. Sejak pagi, penumpang sudah berdatangan secara bergerombol di terminal terbesar di kota pendidikan ini. Umumnya para penumpang itu tujuan Surabaya.

“Ya lumayan, hari ini banyak penumpang. Ada peningkatan bila dibandingkan hari-hari sebelumnya,” kata Wanto, salah satu kru bus patas tujuan Malang-Surabaya, kemarin siang.
(Vandri VanBattu/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s