BSF Berburu Siswa Pintar Luar Kota

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Mistin saat makan malam bersama pengurus BSF Trust Fund dan staf BSF di Jl. Topas 2 Malang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Mistin saat makan malam bersama pengurus BSF Trust Fund dan staf BSF di Jl. Topas 2 Malang.

Lembaga pemberi beasiswa Bangulma Schoolarship Foundation (BSF) semakin mengepakkan sayapnya. Hingga 2010 mendatang, BSF akan ‘berburu’ siswa-siswa pintar yang berasal dari keluarga kurang beruntung hingga ke Bandung, Banyuwangi, dan Semarang.

Program pengembangan BSF hingga ke luar wilayah Malang ini sempat terhenti selama hampir dua tahun, karena tengah berkabung atas meninggalnya Maria Guliker, istri Tonny Guliker. Maria dan Tonny adalah warga asal Belanda yang membaktikan diri membantu mengangkat pendidikan anak-anak berpotensi dengan mendonasikan kekayaannya melalui BSF.

Rencana pengembangan BSF ini terungkap dalam acara jamuan makan malam di Kantor BSF, Jl. Topas 2, Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Senin (14/7) malam. Tonny Guliker menggunakan acara jamuan makan malam nan santai itu untuk memberikan apresiasi kepada beberapa pihak yang sudah membantu kinerja BSF sejak 2005 lalu. Yakni, para staf dan School Committee.

“Suatu saat sebelum meninggal, Ibu Maria mengganti kain korden jendela depan rumah ini. Sementara dia menggantinya, dia berkata kepada saya bahwa BSF di Kota Malang nampaknya sudah siap dan bisa mulai merintis untuk mengembangkan ke tempat lain. Sayang, dia buru-buru meninggalkan saya dan anda semua,” ujarnya.

Malam itu, juga menjadi hari yang istimewa bagi BSF. Sebab, salah satu tokoh di dunia pendidikan, yakni Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Dra. Mistin, M.Pd, hadir dalam acara jamuan makan malam dengan hidangan masakan khas Jawa oleh koki Hotel Tugu Malang. Kehadiran Mistin malam itu menjadi semacam semangat baru bagi BSF Malang untuk bisa lebih mewarnai dunia pendidikan di Malang.

“Ibu Mistin, yang sudah dapat kita ketahui bersama kemampuannya di dunia pendidikan, akan menjadi backup yang penting bagi Pak Kamilun Muhtadin dalam mengawal jalannya BSF di Malang. Terutama, dalam memberikan beasiswa kepada siswa-siswa yang tepat sasaran bagi kemajuan Indonesia, khususnya wilayah Malang ke depan,” imbuh Tonny dengan bahasa Inggrisnya yang kental.

Drs. HM. Kamilun Muhtadin, mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang itu sudah tiga tahun bergabung dalam aktivitas BSF. Pria bertutur lembut itu berperan sebagai Ketua BSF Trust Fund Malang. Sementara Mistin, dipercaya menjadi Wakil Ketua BSF Trust Fund Malang. “Kami memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada semua anggota BSF Trust Fund. Sebab, di tengah kesibukan yang luar biasa, anda semua masih bisa menyisihkan sedikit waktu untuk BSF,” kata pria bertubuh jangkung itu.

Pada jamuan makan malam itu, Tonny memberikan sinyal bahwa dirinya secara bertahap akan menyerahkan kinerja BSF Malang sepenuhnya kepada pengurus BSF Trust Fund Malang. “Saya berpikir, jika besok, lusa atau entah kapan saya meninggal, maka pengurus BSF Trust Fund-lah yang akan bertanggung jawab pada jalannya lembaga ini selanjutnya. Karena itu, saya ingin tidak lagi menjadi bos di sini, tetapi andalah bosnya. Jangan risaukan masalah dana untuk siswa-siswa yang sudah dibiayai sebab rekan-rekan di Belanda sudah menyiapkan untuk mereka. Tinggal pengurus BSF Trust Fund yang bertanggung jawab atas kelangsungan kinerja BSF,” urai Tonny. (sin/sir) (Sinyo Suwignyo/malangpost)

3 Komentar

Filed under Malang, Pendidikan

3 responses to “BSF Berburu Siswa Pintar Luar Kota

  1. Yang ini lain dengan BSF yang suka menggunting gambar-gambar film yang bermuatan porno, sara dan semacamnya….. :P

  2. srimurti

    kalo untuk wilayah kabupaten jombang bisa tdk dpet beasiswanya khususnya untk anak SMA.. Syaratnya bagaimana?tolong krm ke email sya dongg.please krn sya btuh banget.

  3. Nyoto

    Saya mantan anggota BSF yang sekarang kuliah di Australia. Saya turut berduka cita atas wafatnya ibu Maria Guliker. Bagaimanapun saya berharap, semoga BSF tetap berjaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s