Dinas Perijinan Malang Dipuji Bagus, Transparan dan Cepat

Menpan Taufiq Effendi didampingi Kadis Perizinan Ir Hadi Lestariyono melihat loket saat kunjungan mendadak, kemarin siang

Menpan Taufiq Effendi didampingi Kadis Perizinan Ir Hadi Lestariyono melihat loket saat kunjungan mendadak, kemarin siang

Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) Taufiq Effendi, kemarin siang mengagumi pelayanan Dinas Perizinan Kota Malang. Pelayanan publik yang serba prima itu diharapkan terus ditingkatkan demi kepuasan pelayanan masyarakat.

Kekaguman Menpan Taufiq Effendi diungkapkan saat melakukan kunjungan mendadak di Dinas Perizinan, kemarin siang. Kunjungan yang berlangsung sekitar 10 menit itu dilakukan Mepan sebelum bertolak ke Jakarta.

Begitu tiba di kantor dinas yang dipimpin Ir Hadi Lestariyono ini, Taufiq langsung menuju loket informasi. Setelah bertanya-tanya tentang jenis pelayanan dan waktu pelayanan kepada petugas, dia pun langsung membandingkan ke informasi layanan di website Dinas Perizinan. “Bagus ya pelayanan di sini, transparan dan cepat,” ucapnya sambil mengangguk-anggukan kepala.

Setelah itu, dia beranjak ke deretan loket pemrosesan. Di loket ini, Menpan berdialog langsung dengan petugas. “Di sini banyak yang mengurus IMB ya. Bagus prosesnya cepat,” katanya lagi dengan nada memuji. Dari loket ini, Menpan masuk ke ruangan Kadis Perizinan Ir Hadi Lestariyono. “O, ini ya ruangan kepala dinasnya,” ucapnya.

Sebelum meninggalkan Dinas Perizinan, Menpan Taufiq Effendi mengatakan kepada Malang Post tentang perasaan puasnya melihat pelayanan publik. “Bagus. Transparan dan prosesnya cepat. Bagus, Dinas Perizinan ini kan mewakili Jawa Timur untuk lomba pelayanan publik tingkat nasional,” ucapnya.

Dikatakannya, cepatnya proses pelayanan publik dalam bidang perizinan memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dampaknya luas dan langsung berkenaan dengan pendapatan masyarakat.
Dari segi pengurusan IMB saja, menurut dia, naik drastis. “Sebelumnya Rp 3,5 miliar, sekarang naik menjadi Rp 8 miliar. Ini menunjukan banyak yang mengurus IMB dan membangun,” katanya.

Banyaknya yang membangun kata dia berdampak pada banyaknya tukang yang bekerja. Selain itu, banyak pula yang membeli cat bahan bangunan hingga sewa transportasi pengangkutan material bangunan. “Dari pelayanan IMB yang baik ini, dampaknya sangat luas untuk masyarakat,” ungkap dia.
Kunjungan mendadak Menpan Tauffiq Effendi kemarin siang didampingi PTH Wali Kota Ahmad Basuki dan Sekkota Bambang Dh Suyono dan Kadis Perizinan Ir Hadi Lestariyono. Saat kunjungan itu, pelayanan tetap berjalan normal.

Kadis Perizinan, Ir Hadi Lestariyono menjelaskan, saat ini dinas yang dipimpinnya itu menjadi utusan Jawa Timur untuk lomba pelayanan publik tingkat nasional. Ini setelah pelayanan publik Dinas Perizinan dinyatakan sebagai dinas pemberi layanan terbaik, tercepat dan transparan di Jawa Timur.
Soal kebijakan pelayanan, Hadi mengatakan, untuk proses IMB pihaknya memasang batas waktu maksimal empat hari. Sedangkan proses perizinan lain seperti HO, SITU sekitar tujuh hari. “Ini bila semua berkas lengkap,” tandasnya.

Selain itu, prosesnya juga transparan. “Untuk jenis layanan, waktu dan biaya layanan sangat transparan. Masyarakat bisa langsung mengakses melalui website,” pungkasnya.(van/lim)
(Vandri Van Battu/malangpost)

1 Komentar

Filed under Berita, Malang

One response to “Dinas Perijinan Malang Dipuji Bagus, Transparan dan Cepat

  1. Ping-balik: artikel « Diento’s Weblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s