Tak Lagi Ditandatangani Camat, KTP akan ditandatangani Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil

Mulai akhir tahun ini atau paling lambat awal tahun depan, KTP warga Kota Malang tidak lagi ditanda tangani camat. Selanjutnya KTP akan ditandatangani Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil.

Kepala Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil, Drs Rachman Nurmala MM, kemarin mengatakan, perubahan pejabat yang menandatangani KTP direalisasi bila perda Struktur Organisasi (SO) Pemkot Malang mulai diterapkan. Saat ini, Perda SO sudah disahkan dewan dan tinggal menunggu pelaksanaannya saja.

“Perubahan pejabat yang menandatangani KTP ini menunggu Perda SO direalisasi, paling cepat akhir tahun ini. Yang pasti sudah mulai diberlakukan pada awal tahun depan,” jelas Nurmala.

Sekalipun ada perubahan pejabat yang menandatangani KTP, kemarin Nurmala memastikan proses pembuatan KTP tetap berjalan lancar. “Walaupun nantinya akan ditandatangani Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil, proses pembuatan KTP tetap normal. Tidak mengalami perubahan,” paparnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, saat KTP mulai ditanda tangani Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil, prosesnya tetap berlangsung di camat. Untuk urusan tanda tangan menurut dia hanya bersifat teknis saja.

“Waktu pembuatan KTP tetap normal, yakni selama dua hari pembuatan. Semuanya sesuai standar pelayanan yang berlaku di ketentuan. Untuk hal ini, akan diutamakan pada pendekatan pelayanan publik,” kata Nurmala.

Perubahan pejabat yang menandatangani KTP ini juga sesuai UU 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan. Selain itu juga mengacu pada PP 37 tahun 2007 tentang pelaksanaan UU 32 tahun 2006.

Sementara itu sampai saat ini pelaksanaan Perda SO masih menunggu waktu yang tepat. Ada kemungkinan, pemberlakuan Perda SO mulai dilakukan setelah pelaksanaan pilkada berakhir. Atau setelah kota pendidikan ini memiliki wali kota definitif.(van/lim)
(Vandri Van Battu/malangpost)

5 Komentar

Filed under Berita, Malang

5 responses to “Tak Lagi Ditandatangani Camat, KTP akan ditandatangani Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil

  1. moga bisa lebih cepat pengurusannya :)

  2. apakah aturan itu berlaku di seluruh Indonesia? ;)

  3. Ping-balik: artikel « Diento’s Weblog

  4. dutabenjeng

    salah satu penyebab tidak majunya indonesia adalah birokrasi yang bertele-tele. ….masak mengurus KTP saja harus melalui banyak pintu ….. tiap pintu harus pakai pelicin …

  5. hmcahyo

    punya saya malah udah jadi :d

    bTw sebenarnya aturan otoda memang camat.. yang nandatangani… saya pernah bantu teman teliti masalah ini… tiap kecamatan dah dibelikan alatnya… cuma karena masalah proyek… akhirnya macet pelimpahan wewenang ini :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s