Beragam Perasaan Sambut Pengumuman SNMPTN


Wajah Nuzumul Laily, siswa lulusan SMAN 2 Pasuruan nampak berbinar bahagia. Sebab di pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) kemarin namanya tercantum di daftar pengumuman seleksi SNMPTN. Ia diterima di pilihan ke dua yaitu di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (UM). Sementara pilihan pertamanya adalah jurusan Agribisnis Universitas Brawijaya (UB) Malang. Sayangnya ia gagal di pilihan pertama itu. Pengumuman yang dibacanya melalui koran kemarin cukup melegakan. Ia pun bergegas mengeluarkan handphone dan mengabari keluarganya.

“Saya mau sms kakak saya dulu yang ada di Malang ini. Supaya saya bisa segera dapat kos di Malang. Juga biaya masuknya supaya dipersiapkan oleh keluarga saya,” ungkapnya kepada Malang Post.

Diakuinya diterima di PTN memang membuatnya lega. Namun ia pun tidak bisa menutupi rasa keingin tahuannya terkait berapa besar biaya masuk yang harus dibayar jika diterima di fakultas pilihannya itu. Dengan malu-malu ia pun bertanya kepada wartawan koran ini apakah sudah tahu berapa besarnya biaya yang harus dibayarkan di PTN. “Terus terang saja sebenarnya masuk ke PTN ini persiapan saya hanya modal semangat. Harapannya sih bisa menikmati beasiswa yang katanya banyak diberikan di kampus,” ungkapnya.

Pantauan Malang Post, beberapa peserta yang diterima di PTN pilihannya pun mulai sibuk mencari informasi ke sana kemari. Terutama informasi soal biaya daftar ulang yang harus dibayarkan mahasiswa. Di Universitas Brawijaya (UB) daftar ulang diwajibkan untuk maba yang diterima sejak 4 Agustus hingga 19 Agustus. Sementara di UM daftar ulang wajib dilakukan sejak 5-8 Agustus.

Menurut Humas UB Farid Atmadiwirja di awal tahun ajaran baru ini belum berlaku keringanan untuk mahasiswa baru. Semuanya diwajibkan membayar SPP maupun sumbangan lainnya sesuai ketetapan.
“SPP proporsional baru berlaku di semester dua. Jadi untuk awal ini semua membayar sama besarnya,” ungkapnya.

Di UB untuk SPP saja masing-masing fakultas biayanya mencapai Rp 750 ribu sampai Rp 1,2 juta. Belum biaya untuk praktikum yang besarannya mencapai Rp 150 ribu sampai Rp 1,5 juta, biaya fasilitas pendidikan antara Rp 2-5 juta, biaya institusi pendidikan Rp 1,5-12,5 juta, biaya tes bahasa Inggris Rp 285 juta, biaya Ordik dan ormawa yang kisarannya Rp 500 ribu, biaya perpustakaan Rp 200 ribu, biaya layanan TO Rp 200 ribu, dan jaket almamater Rp 125 ribu. Atau rata-rata jumlah biaya yang harus dibayarkan maba UB berkisar antara Rp 5,8 juta hingga Rp 15,6 juta.

Sementara di UM, biaya masuk untuk maba ditetapkan rata-rata per fakultas hanya Rp 5 juta saja.
“Pembayaran biaya masuk ini sifatnya wajib, dan maba harus mematuhi jadwalnya. Jika tidak ada laporan hingga batas pembayaran, bisa dinyatakan gugur,” ungkap Kepala Humas UM Zulkarnain Nasution.

Zulkarnain mengisyaratkan bahwa beban di awal ini akan sedikit berkurang jika maba bisa memperoleh beasiswa yang disediakan oleh universitas. Di UM sedikitnya ada 15 beasiswa yang bisa dinikmati mahasiswa. Seperti beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA), Supersemar, Gudang Garam, Bantuan Belajar Mahasiswa, Toyota Astra, BMU, PT Djarum, TPSDP, Bank Indonesia, dan masih banyak lagi. (lailatul rosida) (Rosida/malangpost)

3 Komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang, Pendidikan

3 responses to “Beragam Perasaan Sambut Pengumuman SNMPTN

  1. SoegenK

    Ass ! Aku diterima Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya,tolong ya kirimkan Rincian Daftar Ulangnya !
    e-mailq http://www.soegenk.smart99@gmail.com Terimakasih yang mau bantu.

  2. aaaiii, q sudah diterima di Fakultas Ilmu Budaya Unair, tlg bagi yang uda kul, kasi tahu infonya soal FIB ini

  3. Selamat nih buat yang keterima SNMPTN…hehehe saya juga keterima :D
    Semoga sukses!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s