Hasil Seleksi SNMPTN Diumumkan, Pagi ini Bisa Dilihat di PTN Setempat dan Koran


Hari ini, pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) digelar. Pengumuman untuk lokal Malang, dilaksanakan serentak sejak pagi hari di semua perguruan tinggi negeri (PTN) pelaksana.

Yaitu Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Islam Negeri Malang (UIN). Sementara pengumuman juga bisa diakses sejak pukul 00.00 WIB di website panitia SNMPTN. Termasuk melalui media cetak juga sudah bisa dibaca hasilnya pagi hari ini.

Secara umum, panitia lokal Malang menilai pelaksanaan tahun ini sukses. Sebab semua program studi yang ditawarkan di jalur ini sudah terisi penuh.

“Semua program studi sudah terisi mahasiswa baru. Bahkan Fakultas Agrokomplek yang sepi peminat, juga sudah terpenuhi mahasiswanya. Secara umum SNMPTN di Kota Malang ini berjalan sukses”, ungkap Ketua Panitia SNMPTN lokal Malang, Prof DR Bambang Suharto kepada Malang Post diruangkerjanya kemarin.

Meski begitu, Bambang mengakui masih ada satu fakultas yang belum terpenuhi di Universitas Brawijaya (UB) Malang. Yaitu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPI). Hanya saja kekurangannya sedikit.

Padahal di rumpun yang sama, fakultas peternakan dan pertanian sudah mampu menjaring mahasiswanya dengan maksimal. Karena itu, FPI harus mengambil langkah strategis dalam penerimaan mahasiswanya tahun mendatang.

“Kalau perlu tahun berikutnya beberapa prodi dilikuidasi saja. Dengan prodi sedikit peminatnya akan lebih banyak”, tegasnya.
Dengan diumumkannya jalur SNMPTN ini, berarti masih ada satu lagi jalur penerimaan mahasiswa baru di UB. Yaitu jalur Seleksi Program Minta dan Kemampuan (SPMK).

Pendaftarannya dibuka hingga 2 Agustus besok. Hingga kemarin sudah ribuan pendaftar yang mendaftar secara online. Jalur ini menurut Bambang yang juga Pembantu Rektor I UB ini, bisa dimanfaatkan oleh peserta SNMPTN yang tidak lulus dalam pengumuman hari ini.

“Bisa jadi saat ujian SNMPTN, peserta sedang sakit atau tidak fit. Jadi bisa kembali mendaftar di UB di jalur SPMK ini”, imbuhnya.
Untuk penerimaan jalur SPMK, tentunya berbeda dengan jalur SNMPTN.

Di jalur ini mahasiswa harus menyiapkan dana pendidikan lebih besar. Karena mahasiswa di jalur ini tidak hanya dituntut mampu secara akdemis, melainkan juga finansial. Sebab merekalah yang mensubsidi silang mahasiswa di jalur reguler.

Sementara di UM, tahun ini ada 16 ribu lebih pendaftar yang memilih fakultas yang ada di sana. Jumlah ini setidaknya hampir sama dengan tahun lalu. Dan yang diterima melalui jalur SNMPTN 1725.

Untuk program-program yang favorit di UM dengan jumlah peminat tertinggi adalah program pendidikan guru sd (PGSD), disusul program Pendidikan Teknologi Informasi (IT) dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Sementara itu Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) UIN Malang H Sudiyono menyebut, untuk pengumuman hari ini, UIN sudah menyiapkan fasilitas internet untuk diakses mahasiswa.

Selain itu juga ada beberapa papan pengumuman yang akan dipasang di beberapa lokasi strategis. Sudiono menambahkan dengan keikutsertaan perguruan tinggi agama Islam (PTAI) seperti UIN Malang di jalur SNMPTN ini, membuatnya semakin bergengsi.

Sebab kini secara kualitas mahasiswanya adalah mahasiswa yang terseleksi dengan standar nasional. Selain itu mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia. (oci/avi) (Rosida/Malangpost)

8 Komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang, Pendidikan

8 responses to “Hasil Seleksi SNMPTN Diumumkan, Pagi ini Bisa Dilihat di PTN Setempat dan Koran

  1. boleh e-mailkan pengumuman universitas tanjungpura?

  2. Ping-balik: Hasil Seleksi SNMPTN Diumumkan, Pagi ini Dapat Dilihat di PTN Setempat dan Koran

  3. rahmatvinacerpus

    Jaman sekarang enggak ada duit enggak hidup,
    wajar aja banyak orang yang mengidam-idamkan bisa melanjutkan di perguruan tinggi cuma dalam hayalan ,
    penerimaan mashasiswa baru emang sangat penting , tapi perlu di ingat yang lebih penting adalah menyipakan lapangan kerja bagi mereka yang udah lulus , biar imbang .
    jangan kayak sekarang , lulusan S1 Ngebeludak lapangan kerja bisa di hitung dengan jari ,
    Aneh banget kan …………(^_^)
    salam from http://rahmatvinacerpus.wordpress.com

  4. sayang, untuk lihat hasil SNMPTN di situs resminya masih lemot.

  5. ya …. masih banyak yang harus mengulang ….
    btw blog ini informatif

  6. BAH

    MANA HASIL SELEKSI SPMK?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s