Dahsyatnya Soundrenaline: Free Your Voice


Dahsyat!! Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan gelaran A Mild Live Soundrenalin 2008 Free Your Voice, di Lapangan Rampal. Puluhan musisi papan atas Indonesia menepati janjinya untuk menampilkan performa terbaik di hadapan sekitar 80 ribu musik mania yang memadati venue mulai Minggu pagi hingga Senin dini hari.

Tiga panggung disediakan sebagai tempat para musisi untuk menyuarakan kebebasannya. Dua panggung utama, A Mild Stage dan Simpati Stage, serta panggung Talent Stage untuk musisi indie. Setelah dibuka oleh empat MC sekaligus, Gading Marten, Aming, Virnie Ismail, dan Dhea Ananda, band Pain Killer didaulat sebagai penampil pertama.

Tampil di atas panggung A Mild, band dengan gitaris wanitanya, Tasya, ini mampu membakar musik mania dengan tembang-tembang rock. Setelah itu, The Upstairs ganti menghentak di panggung Simpati dengan hits-hits disco new wave-nya.

Panggung A Mild kembali bergemuruh. Kali ini beberapa musisi papan atas tanah air nge-jam bareng dalam Soundrejam. Di antaranya Kaka dan Abdee Negara (Slank), Candil (Seurieus), Hendy (Boomerang), Shanty dan Pinkan Mambo. Welcome to The Jungle dan Sweet Child O’Mine-nya GNR meluncur mulus dari band ‘dadakan’ ini.

Lalu bergantian tampil di dua panggung utama, Seringai, D’Massiv, J Rock, Pinkan Mambo, Audy, Koil, Seringai, Sucker Head, Yovie&The Nuno, Shanty, Ada Band, Melanie Soebono, Radja, Ari Lasso, Saint Loco, dan band street reggae, Steven&The Coconut Trezz. Tak ketinggalan pula band luar negeri, Saw Looser (Singapore) dan The Dearest (Canada).

Tapi show sebenarnya dimulai pukul delapan malam. Band-band papan atas negeri ini mulai unjuk gigi di kota keempat selama penyelenggaraan A Mid Live Soundrenalin 2008.

mengawalinya dengan menghadirkan Ovan Tobing sebagai master of ceremony. Band yang digawangi Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitar), Thomas Ramadan (bass), dan Hendy (drum) ini membius musik mania dengan lima lagu religi yang di-medley non stop. Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya, Lailatul Qodar, Pintu Sorga, Perdamaian, dan Kota Santri berhasil dibawakan dengan energik oleh Armand Maulana.

Boomerang juga tak ketinggalan menampilkan suasan rock 80-an mealui lagu-lagunya. Meski didominasi muka-muka baru dan hanya menyisakan Roy Jecomiah (vokal) sebagai personil asli, tak meruntuhkan antusiasme musik mania kepada band asli Surabaya ini.

Tragedi dan Pelangi menjadi dua lagu yang paling dinanti malam itu. Di akhir penampilannya, Roy bahkan sempat mempertontonkan aksi khas gitaris Nirvana, Kurt Cobain, dengan membanting gitarnya hingga terbelah dua.

Puncak acara malam itu ditutup oleh Slank. Aksi panggung band asal Gang Potlot ini memang sudah ditunggu-tunggu musik mania yang mayoritas Slankers. Membuka penampilannya dengan prolog Manifesto Slank, band yang sudah makan asam garam di belantika musik Indonesia lebih dari dua dasawarsa ini langsung menggebrak dengan hits I Miss U But I Hate U. Lalu berturut-turut Mars Slankers dan Virus meluncur dari mulut Kaka yang malam itu tampil dengan bertelanjang dada.

Sosial Betawi Yoi dan Gosip Jalanan menjadi pilihan berikutnya. Kemudian single terbaru, Seperti Para Koruptor dan lagu dangdutnya A. Rafiq, Pandangan Pertama (duet dengan Maia dan Meychan) dipilih untuk membuat Slankers berjoged bareng. Slank menutup performanya dengan hits lawas, Kamu Harus Pulang. Pertunjukan yang berlangsung tertib ini ditutup dengan selebrasi para pengisi acara dan pesta kembang api.

Sebelumnya, pihak A Mild dan Deteksi Production juga mengumumkan nominasi The Best Band Can be Freedom di kota Malang. Mereka yang dinilai mampu menyuarakan kebebasan positif sesuai dengan tema Free Your Voice adalah .(mp4/lim)
(Mp4/malangpost)

1 Komentar

Filed under Berita, Malang, Musik

One response to “Dahsyatnya Soundrenaline: Free Your Voice

  1. Ping-balik: Music Asiex « Cubiex’s Weblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s