Pakai Batik untuk Cari Perhatian

TANTRI Saraswati, Siswa SMAN 5 Malang ini pernah mempunyai pengalaman menarik di luar negeri. Pada Agustus lalu, dia berangkat ke Amerika melalui program NACEL Open Door. Di sana bersekolah di WASECA High School selama satu tahun. Sehingga dia yang saat itu naik ke kelas dua di SMAN 5 Malang baru masuk kelas tahun ini.

“Seharusnya aku tahun ini sudah kelas tiga, tapi karena satu tahun di Amerika jadi tahun ini aku tetap kelas dua,” ungkapnya ditemui Malang Post, kemarin.

Di Amerika dia memakai batik khas Indonesia untuk menarik perhatian siswa di kelasnya. Karena busananya yang berbeda itulah, banyak yang kemudian berkenalan dan akrab dengannya. Padahal sebelumnya dia kesulitan memulai komunikasi dengan siswa Amerika. Apalagi bahasa Inggrisnya waktu itu juga tidak terlalu lancar.

Tantri juga belajar banyak bagaimana budaya di sana. Terutama budaya di sekolah dimana siswa lebih banyak aktif dan bertanya di kelas. Di Amerika, guru tidak banyak memberikan teori dan lebih banyak praktik. Di mata pelajaran Fisika dan Matematika misalnya, guru hanya memberikan sedikit teori dan lebih banyak pada pengerjaan soal. Sehingga siswa dituntut aktif.

“Awalnya terus terang saja bahasa Inggris saya biasa-biasa saja. Namun bisa terlatih baik karena saya tinggal di Amerika,” ungkap gadis kelahiran Palembang 18 Januari 1992 ini.

Selain belajar di kelas, di Amerika juga mengikuti kegiatan Atletik dan paduan suara. Diakui Tantri, dia suka olahraga atletik terutama lari. Sampai saat ini pun tidak pernah lupa berolahraga lari walaupun hanya dilakukan di rumahnya. Melalui kegiatan ekstra itu ia berusaha mencari teman dan bisa berkomunikasi akrab dengan mereka. (oci/udi)
(Rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s