Warga Malang Diduga Korban Jagal Ryan


Petugas Polsek Dau, berupaya menjemput bola dengan melakukan pemeriksaan terhadap jagal manusia asal Jombang, Very Idham Henyansyah alias Ryan, 30 tahun.

Pemeriksaan ini berkaitan dengan penemuan mayat Mediaman Purba, alias Arman, 35 tahun, kontrak di Perum Puncak Dieng, blok HH no 16, April 2007 lalu.

Dugaan kuat, Arman juga menjadi korban dari Ryan. Indikasinya, modus yang dilakukan pelaku, yaitu tidak sekadar membunuh, melainkan juga merampok harta korbannya.

Terkuaknya pembunuhan berantai dengan pelakunya Ryan, langsung direspon positif oleh petugas Polsek Dau. Padahal petugas sempat putus asa untuk mengungkap kasus pembunuhan yang terjadi akhir April 2007 lalu.

Tapi dengan terkuaknya korban-korban Ryan, semua barang bukti yang telah diamankan kembali diperiksa. Sayang, petugas tidak bisa melakukan melakukan olah TKP ulang, lantaran rumah tersebut sudah dihuni orang lain.

Dari barang bukti yang ada inilah, petugas yakin jika Ryan terlibat, dalam pembunuhan ini. Bahkan Grendy, yang juga korban Ryan yang jasadnya ditemukan di halaman rumah orang tuangnya di Jombang, juga merupakan teman dekat Arman. Itu terlihat dari beberapa sobekan kertas dan foto Arman yang memeluk mesra Grendy yang disebut sebagai kekasinya .

Pendalaman kasus ini juga dilakukan dengan melakukan pemeriksaan terhadap teman Arman. Dari hasil pemeriksaan itulah, diketahui jika beberapa kali Ryan terlihat bersama Arman.

‘’Ada saksi yang sudah kami periksa, mengatakan pernah menjumpai Arman bersama Ryan, selang beberapa hari sebelum Arman ditemukan tewas, dan jasadnya di buang di jurang Songgoriti, Batu itu,’’ kata Kanit Reskrim Polsek Dau Aiptu Sugiarto kepada Malang Post kemarin.

Bukan itu saja, dari pendalaman barang bukti yang ada, petugas sebetulnya sudah mengarah pada tersangka Ryan, yang saat itu tinggal di Jakarta.

Pasalnya, dari beberapa buku tabungan milik Arman, yang sudah diamankan setelah diselidiki, banyak sekali transaksi dilakukan di Jakarta. Namun begitu, petugas tidak berhasil mengungkapnya, mengingat saksi dalam kasus ini sangat minim.

‘’Jika total saksi yang kami periksa jumlahnya lebih dari 20. Namun begitu tidak ada saksi kunci, semuanya hanya saksi yang mengetahui penemuan TKP pembunuhan, ataupun saksi penemuan mayat, juga rekan Arman. Itu yang membuat kami kesulitan. Semoga saja, dengan bukti dan fakta yang ada ini, dapat terungkap kasus pembunuhan ini,’’ kata Sugiarto kemarin.

Selain sibuk melakukan pendalaman dan mempelajari berkas, serta barang bukti, dan memeriksa saksi-saksi, petugas juga meminta izin ke Kapolres Malang, untuk melakukan pemeriksaan Ryan di Polda Jatim.
‘’Untuk bisa mengetahui apakah Ryan pembunuhnya atau tidak, ya harus dilakukan pemeriksaan. Yang jelas kami sudah mempersiapkan semuanya, termasuk kumpulan berkas juga barang buktinya, sebagai awal pemeriksaan,’’ tandas Sugiarto.

Sementara itu, jika memang Ryan yang membunuh Arman, maka pembunuhan itu dilakukan sangat sadis. Bagaimana tidak Arman tidak dibunuh, dengan di tusuk, atau di pukul saja. Tapi Arman di bunuh dengan disiksa lebih dulu.

Kepala Arman di pukul dengan botol minuman keras, yang mengakibatkan luka di kepala dan botol yang digunakan tersebut pecah.

Sementara di tubuh Arman ditemukan luka sayatan dengan bentuk tidak merata di 21 tititk, termasuk wajah. Arman juga di ikat di kursi, yang diduga agar tidak melakukan perlawanan.

Kekejian itu juga terlihat dari bercak darah di tembok rumah kontrakan Arman. Pasalnya, bercak darah itu terlihat hampir di seluruh ruangan tengah rumah tersebut.

Dari bekas darah di TKP, juga terlihat Arman merayap, untuk menghindari penganiayaan fisik. Namun terus disiksa, dengan bukti bercak darah. Arman sendiri tewas karena kehabisan darah.
Setelah meninggal, mayat Arman dimasukkan ke dalam mobil BMW N 1486 GE, dan dibuang di jurang wilayah Songgoriti, Batu, kedalaman 25 meter.

Sementara mobil BMW tersebut ditemukan di areal Pertokoan, daerah Waru, Sidoarjo. Namun begitu apakah betul Ryan adalah pembunuhnya, atau ada orang lain lagi, petugas juga menunggu hasil pemeriksaan. (ira/avi)
(Ira Ravika/malangpost)

1 Komentar

Filed under Berita, Kabupaten Malang, Malang Raya

One response to “Warga Malang Diduga Korban Jagal Ryan

  1. SALUT DEH SAMA PAK POLISI DAPAT MENGUNGKAP KASUS PEMBUNUHAN BERANTAI SANG JAGAL RYAN JOMBANG
    BRAVO POLRI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s