SMPN 18 Juara Water Rocket Contest

Dari kiri Clara Ayu Rara Gupita, Mochammad Hafifudin dan Anastasia Ayu Pratiwi, Tim SMPN 18 menunjukkan roket karyanya, yang berhasil meraih juara

Dari kiri Clara Ayu Rara Gupita, Mochammad Hafifudin dan Anastasia Ayu Pratiwi, Tim SMPN 18 menunjukkan roket karyanya, yang berhasil meraih juara


SMPN 18 Malang mulai menunjukkan taringnya di ajang lomba. Sekolah ini berhasil menjadi juara satu di ajang lomba water rocket contest yang digelar di Universitas Brawijaya (UB) Malang Minggu lalu.
Menariknya, tim yang terdiri dari Anastasia Ayu Pratiwi, Clara Ayu Rara Gupita, Mochammad Hafifudin ini tak pernah menyadari kalau roket yang mereka buat bisa menampilkan luncuran yang hebat. “Terus terang setiap kali latihan, roket kami jatuhnya selalu di zona tiga, atau zona empat. Tak disangka saat lomba ternyata roket yang kami lepas bisa meluncur di zona satu, akhirnya kami menjadi juaranya,” ungkap Anastasia.

Diakui, selama persiapan lomba, tidak ada yang istimewa yang mereka lakukan. Modifikasi roket mereka lakukan hanya dengan barang sisa.

Seperti untuk membuat vin atau sayap roket, mereka memakai bahan plastik tebal yang diambil di dapur ibunya di rumah. Untuk latihan peluncuran, hanya menggunakan pompa ban sepeda. Hasilnya, saat latihan roket tidak pernah meluncur sempurna. Namun, saat lomba menggunakan kompresor untuk peluncuran, tiba-tiba roket mereka meluncur sempurna.

Kreatifitas dan kekompakan siswa ini diakui Endang Pertiwi, Guru Fisika dan Pembimbing Tim, sebagai kunci keberhasilan. Untuk meluncurkan sebuah roket, menurutnya peserta tidak boleh takut ataupun grogi. Sebab jika melepas roket dengan tidak benar, akan berpengaruh pada kecepatan roket meluncur.

“Saya melihat anak-anak nampak siap dan tidak takut-takut saat akan mulai luncuran. Mereka juga bisa membuat sayap yang proporsional, sehingga roket bisa meluncur dengan baik,” tegasnya.
Menurutnya, keikutsertaan siswa di ajang lomba seperti itu diharapkan bisa menumbuhkan kreativitas. Apalagi konsep lomba ini adalah konsep bermain sambil belajar, yang tentunya sangat disukai siswa. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s