Kembangkan Agro Wisata Pendidikan

Kegiatan Outbond siswa-siswi SD di Kampus STPP, yang menjadi Agro Wisata Pendidikan.

Kegiatan Outbond siswa-siswi SD di Kampus STPP, yang menjadi Agro Wisata Pendidikan.


Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang mencanangkan Program Agro Wisata Pendidikan. Program tersebut merupakan bentuk pengabdian UPT Departemen Pertanian RI terhadap masyarakat. Dengan harapan, minat generasi muda di bidang pertanian bisa kembali bergairah.

“Agro Wisata Pendidikan ini bisa menjadi jembatan untuk second generation problem. Sehingga pemuda dengan intelektual yang matang mau mengembangkan sektor pertanian,” kata Ketua STPP Malang Dr Ir Harniati M.Sc kepada Malang Post, kemarin.

Kegiatan Agro wisata pendidikan itu, lanjut alumnus Institut Pertanian Bogor (IPB) ini, terbuka bagi siswa TK, SD, SMP, SMA dan Pemuda Tani, dengan mengoptimalkan fasilitas yang dimiliki kampus. Seperti fasilitas lahan seluas 60 Ha didalam dan 80 Ha di luar kampus. Aset lain yang bisa dimanfaatkan untuk Agro Wisata Pendidikan, yakni Gerai Agribisnis.

Gerai Agribisnis tersebut merupakan tempat yang khusus disediakan untuk memamerkan hasil produksi mahasiswa. Di sana ada aneka olahan keripik yang dihasilkan Unit Teknologi Hasil Pertanian, juga ada susu kambing Kevir, beras organik. Gerai ini, kemarin diresmikan sebagai pusat pameran dan penjualan hasil produksi laboratorium. Untuk menandai pembukaannya, digelar pameran tanaman hias yang dilakukan bekerjasama dengan petani binaan STPP Malang.

Selain itu, masih banyak potensi lain yang bisa dikunjungi sebagai tujuan wisata. Diantaranya, Pusat Inkubator Agribisnis (PIA), Green House dengan berbagai jenis tanaman hias, Rumah Jamur, Kebun dengan berbagai komoditas pertanian. Ada padi organic, kopi, buah naga, guava, mangga, lidah buah, tebu dan sayuran, Rice Miling, pabrik pakan ternak, biogas, bio urine, ternak perah, ternak kambing, ternak unggas, cek dam untuk pengairan, dan laboratorium pengolahan baik hasil pertanian maupun peternakan. Selain itu, ada beberapa rumah contoh untuk petani agar memanfaatkan lahan pekarangannya. Semuanya ada di STPP dan bisa dikunjungi oleh siapapun yang ingin berwisata.
“Selama ini sudah banyak anak-anak SD, SMP maupun SMA yang biasa melakukan outbond di kampus ini,” ungkapnya.

Dengan digalakkannya Agro Wisata Pendidikan yang mempunyai tujuan menumbuhkan minat generasi muda dibidang pertanian diharapkan STPP Malang bisa membantu menjawab permasalahan dan tantangan di bidang pertanian. “Dengan bermain sambil belajar mengenal dunia pertanian melalui Agro Wisata Pendidikan sedikit demi sedikit generasi muda bisa mengenal dan diharapkan tumbuh minatnya belajar dibidang pertanian,” tegasnya. (oci/sir) (Lailatul Rosida/malangpost)

1 Komentar

Filed under Malang, Pariwisata, Pendidikan

One response to “Kembangkan Agro Wisata Pendidikan

  1. bisa buat keluarga? kemana harus menghubungi? tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s