Deptan Luncurkan Program Usaha Agribisnis

Ketua STPP Dr Ir Harniati, M Sc mewisuda 129 mahasiswanya, kemarin.

Ketua STPP Dr Ir Harniati, M Sc mewisuda 129 mahasiswanya, kemarin.


Departemen Pertanian meluncurkan Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) pada 2008 ini. Program itu dimaksudkan untuk penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan pekerjaan di pedesaan. Sekaligus mengurangi kesenjagan pembangunan antara wilayah pusat dan daerah, serta antar subsektor.

Hal tersebut tertuang dalam SK Menteri Pertanian RI, yang dibacakan Dirjen Tanaman Hortikultura, Dr Ir Ahmad Dimyati MS, dalam acara wisuda Sarjana Sains Terapan, Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang tahun Akademik 2007-2008, kemarin.

Menurut Ahmad, tujuan tersebut dicapai melalui kegiatan pengembangan usaha Agribisnis di pedesaan, pemberdayaan kelembagaan petani serta peningkatan fungsi kelembagaan ekonomi petani. Mana sasaran untuk program PUAP adalah 11.000 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) atau embrio Gapoktan yang tersebar di 11.000 desa dari 33 Provinsi di seluruh Indonesia. “Melalui program ini, maka 11.000 kelembagaan tani tersebut akan ditingkatkan kapasitasnya dalam bidang kepemimpinan, organisasi, pengembangan agribisnis dan kewirausahaan, serta pengelolaan administrasi dan di manajemen keuangannya,” ungkap Ahmad.

Selain program PUAP, dilanjutkan Ahmad, dalam rangka implementasi program revitalisasi pertanian, pada tahun 2008 Departemen Pertanian juga telah menetapkan tiga fokus prioritas nasional, sebagai arah utama kebijakan Departemen Pertanian. “Pertama peningkatan ketahanan pangan. Lalu Peningkatan daya saing dan nilai tambah serta peningkatan kesejahteraan petani. Hal tersebut, bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kehidupan para petani dan keluarganya,” jelasnya.

Acara prosesi wisuda mahasiswa Program Studi Penyuluhan Pertanian dan Program Studi Penyuluhan Peternakan, yang diselenggarakan di Aula STPP Malang, kemarin itu dihadiri 129 wisudawan-wisudawati yang didampingi keluarganya. Mereka tampak ceria setelah menerima penyematan dari Ketua STPP Dr Ir Harniati, M Sc.

Para wisudawan itu terdiri 67 orang mahasiswa program studi penyuluhan pertanian, dan 62 orang mahasiswa program studi penyuluhan peternakan. Untuk Prodi Penyuluhan Pertanian lulusan terbaiknya Hamyana dari Jawa Barat, Rica Anggraeni dari Sumatera Barat, dan Hermansyah dari Jawa Barat. Prodi studi Penyuluhan Peternakan lulusan terbaiknya Reny Puspita Sari dari Jawa Timur, Rudi Hartyo dari Jawa Timur dan Burhanuddin dari Sulawesi Selatan. Sedangkan lulusan termuda di Prodi Penyuluhan Pertanian yaitu Fauzia Ayu Nurhani, dan lulusan tertua Anamias Missa. Di Prodi Penyuluhan Peternakan lulusan termuda Wardi, dan lulusan tertua Abdul Majid

“Kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya dalam menyelesaikan pedidikan Program Diploma IV penyuluhan pertanian. Setelah wisuda ini, kami berharap para wisudawan tetap bekerja keras, profesional, memiliki loyalitas tinggi dan memegang teguh kejujuran. Sebab, peran serta saudara dalam pelaksanaan program pembangunan pertanian turut mendukung keberhasilan pembangunan pertanian di Indonesia,” ujar Ahmad, dalam sambutannya kemarin.

Sementara itu, Ketua STPP Dr Ir Harniati, M Sc, berharap kepada para wisudawan bisa mengisi atau memberi penyuluhan-penyuluhan serta mengembangkan bakat yang diperolehnya kepada para petani di daerahnya. Serta bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri di daerahnya. (agp/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s