Kuliah D1 Hortikultura Gratis

Lulusan SMA, SMK, Paket C dan yang sederajat di Batu diberi kesempatan mengikuti pendidikan program D1 Hortikultura yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Batu bersama Universitas Brawijaya Malang. Pendaftaran program ini diperpanjang hingga 11 Agustus mendatang karena banyak permintaan masyarakat agar lulusan Paket C juga dapat mendaftar dalam program pendidikan gratis itu. Semua biayanya ditanggung APBD Kota Batu.

“Animo masyarakat cukup besar. Karena itu, kami masih memberikan kesempatan kepada lulusan SMA, SMK dan yang sederjat untuk mendaftar kuliah gratis program Hortikultura ini,” kata Kabid PLS, Pemuda dan Olahraga Dinas P dan K Kota Batu, RM. Zakaria kepada Malang Post, kemarin.
Untuk dapat mengikuti pendidikan gratis satu tahun ini, Dinas P dan K mensyaratkan harus berasal dari Kota Batu dengan menunjukkan KTP, harus berasal dari keluarga petani.

Harapannya, usai menyelesaikanpendidikan, mereka dapat mengaplikasinya langsung di areal pertanian. Dampaknya akan menjadi petani-petani cerdas yang dapat bertani dengan baik dengan hasil yang lebih baik.“Mereka akan melewati seleksi setelah masa pendaftaran usai. Tidak semua pendaftar diterima, setiap tahun hanya 40 mahasiswa yang diterima,” ungkapnya.

Ditambahkan, setiap tahun spesifikasi program yang diajarkan berbeda sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat. Tahun pertama, program spesifik hortikultura yang diajarkan pada pertanian apel. Tahun kedua, program tanaman hias. Tahun ini, programnya mengenai tanaman sayuran modern. “Program itu juga melihat potensi yang ada di Kota Batu,” jelasnya. (aim) (Muhaimin/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Batu, Berita, Malang Raya, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s