Siasati Kemarau dengan Tanam Brokoli

Warga Kecamatan Junrejo manfaatkan musim kemarau dengan tanaman brokoli

Warga Kecamatan Junrejo manfaatkan musim kemarau dengan tanaman brokoli


Junrejo merupakan salah satu Kecamatan di Kota Batu. Secara umum semua desa dan kelurahan di Batu memiliki topografi pada dataran tinggi. Dengan kondisi topografi pegunungan itu menjadikan mayoritas penduduk menitikberatkan pada sektor pertanian.

Pada musim kemarau ini, banyak daerah yang mengalami kekeringan. Sulitnya air menyebabkan tanah tandus yang tidak bisa ditanami. Namun keadaan itu tidak terjadi di daerah Batu. Kebanyakan penduduk, masih bisa memanfaatkan air dari beberapa sumber di pegunungan Panderman yang mengalir menuju sawah dan ladang milik penduduk.

Meski demikian, tidak semua jenis tanaman pertanian bisa ditanam pada musim kemarau ini. Salah satu yang bisa adalah sayuran jenis Brokoli. Seperti yang dilakukan Jumaryono (58) warga Junrejo yang saat ini tengah menanami sawahnya dengan Brokoli.

Sebelumnya, tanah 1,4 hektare itu ditanami jagung manis. Namun setelah kurang dari tiga bulan, tanahnya ditanami brokoli. ”Kalau ditanami jagung manis lagi, tanahnya tidak bagus,” katanya.

Pria yang sudah puluhan tahun menggeluti berbagai tanaman itu mengatakan, petani harus bisa melihat kesempatan pada kondisi alam, karena alam merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan bertani. ”Musuh petani adalah alam, kalau itu bisa ditaklukkan, maka petani akan sukses,” katanya saat ditemui di lahan Brokolinya.

Untuk perawatannya pun tidaklah terlalu sulit, karena tumbuhan organik ini hanya membutuhkan ketelatenan dan perawatan yang cukup. ”Yang penting pupuk dan airnya tidak kurang. Untuk pengairannya, dilakukan satu kali sehari,” jelas Jumaryono.

Tanamannya kini sudah berumur satu bulan dan dua bulan lagi siap dipanen. Saat ini harga Brokoli sekitar Rp 800 per Kg harga petani dan satu Brokoli beratnya mencapai 2-3 Kg. ”Mudah-mudahan, walaupun banyak petani yang menanam Brokoli, tetapi harganya nanti tetap mahal,” harap Giar petani Brokoli lainnya.

Giar menambahkan, dengan suksesnya menanam Brokoli untuk dijadikan modal menunggu turunnya musim hujan saat dirinya menanam padi. ”Tiga bulan lagi, biasanya sudah turun hujan, tapi kalau kemarau panjang, saya akan menanam sayuran lagi,” katanya. (Muhaimin/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Batu, Berita, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s