Sriwijaya Tambah Dua Flights Malang – Jakarta, 3 x Sehari

Jalur penerbangan Malang-Balikpapan yang vakum setelah ditinggal oleh Mandala Airlines kini akan kembali terisi. Jalur potensial ini rencananya akan kembali diterbangi oleh maskapai yang sudah lama beroperasi di Lanud Abd Saleh, Sriwijiya Airlines.

Selain menambah jalur Malang-Balikpapan, Sriwijaya Airlines juga berencana menambah satu lagi frekuensi penerbangan Malang-Jakarta yang diharapkan sudah beroperasi sebelum Lebaran.
Dijelaskan District Manager Sriwijaya Airlines Malang, M Yusri, pihaknya kini masih menunggu kesiapan armada yang sudah tiba di Lanud Abd Saleh beberapa hari lalu.

Armada yang siap diterbangkan ini, lanjut Yusri, juga menggunakan Boeing 737-200 seperti armada sebelumnya dengan kapasitas 125 penumpang setiap kali terbang.

Ditambahkan Yusri, dengan penambahan penerbangan menjadi empat flights, ada dua slot waktu yang disisipkan diantara penerbangan Malang-Jakarta yang sudah berjalan.

Time slot baru ini salah satunya pukul 07.00 WIB untuk Malang-Balikpapan, dan penerbangan pukul 11.00 WIB untuk Malang-Jakarta. Dua penerbangan ini melengkapi rute Malang-Jakarta sebelumnya yang diterbangkan pada pukul 08.55 WIB dan 15.00 WIB.

Untuk rute Jakarta-Malang, lanjutnya, setiap harinya akan diterbangkan pertama kali pukul 07.00 WIB. Disusul Balikpapan-Malang dengan jam keberangkatan 10.05 WITA, disambung penerbangan Jakarta-Malang yang take off pada pukul 13.00 WIB dan 15.25 WIB.

Yusri mengaku optimis dengan load factor yang akan dicapai dari ke empat penerbangan ini. Sebelumnya, penerbangan Malang-Jakarta selalu terisi hingga 85 persen untuk hari biasa. Ini belum termasuk peak season yang lebih padat lagi.

“Keyakinan kami ini juga didasari dengan analisa serta data yang kami peroleh diantaranya dari biro perjalanan, mengenai kebutuhan masyarakat terhadap penerbangan dua jalur ini,” terang Yusri saat ditemui Malang Post di ruang kerjanya kemarin.

Harga tiket penerbangannya sendiri, lanjut pria ramah ini, akan sangat bergantung pada fuel surcharge yang dipatok dari fluktuasi harga minyak dunia. Untuk Malang-Jakarta, kisaran harga saat ini antara Rp 600.000 hingga Rp 900.000.

Sementara untuk penerbangan dari dan menuju Balikpapan diperkirakan akan lebih tinggi karena jam penerbangan yang lebih lama. Sriwijaya sendiri, lanjutnya, masih menggunakan sistem subsidi untuk kelas tertentu.

‘’Idealnya, penerbangan Malang – Jakarta dikenakan Rp 898.000 dan untuk Malang – Balikpapan diatas Rp 900.000. Namun ini tidak mungkin jika kami gunakan untuk semua seat,’’ ungkap Yusri sembari menambahkan, maskapainya masih belum menaikkan harga per Agustus lalu.
Dengan masuknya dua penerbangan tambahan ini, dipastikan banyak memberikan dampak positif utamanya untuk kegiatan perekonomian Malang dengan semakin mudahnya akses keluar dan masuk Malang. (fio/avi/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s