105 Tambang Ilegal di Kabupaten

Dari 140 lokasi penambangan di Kabupaten Malang, 75 persen di antaranya atau 105 penambangan merupakan penambangan liar. Penambangan liar ini tersebar di 33 kecamatan. Adapun penambangan berizin hanya berada di 35 lokasi.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Subandiyah Azis, lokasi penambangan liar itu bisa lebih banyak lagi karena banyak lokasi penambangan liar yang tidak terdata. “Kabupaten Malang ini luas sekali, sehingga sulit mendapat data seluruh penambangan liar, apalagi jumlah SDM kami pun sedikit,” kata Subandiyah.

Kebanyakan penambangan liar berlokasi di Kecamatan Wajak, Poncokusumo, Sumbermanjing Wetan, Tirtoyudo, Donomulyo, dan Gedangan. Kendati demikian, Pemkab Malang justru berencana memberikan izin pada sejumlah lokasi penambangan untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). Selama ini 35 lokasi penambangan resmi hanya menyumbang untuk PAD sekitar 400 juta per tahun.

Penambangan yang kondisinya sudah sangat merusak ekosistem dan membahayakan keselamatan manusia di sekitarnya, termasuk mengancam jiwa pekerja tambang, tidak akan diberi izin. Lokasi penambangan seperti ini akan ditutup lewat operasi penertiban jika tiga kali mengabaikan surat peringatan yang diberikan.

Beberapa lokasi penambangan liar yang sudah ditutup, antara lain di Desa Sumberputih, Kecamatan Wajak, Desa Bocek, Kecamatan Karangploso, dan Desa Toyomarto, Kabupaten Lawang. Kebanyakan lokasi penambangan ini dimiliki perorangan dan tidak berbadan usaha. Bahan galian yang ditambang adalah pasir, batu kapur, batu kerikil, dan marmer.

Repotnya, untuk menutup lokasi penambangan pasir batu (sirtu) liar juga tak gampang lantaran penambangan liar biasanya dilakukan musiman oleh masyarakat sekitar, yakni para petani yang sedang tidak menanam atau memanen padi. Jika musim tanam dan panen tiba, kegiatan penambangan mereka hentikan.(ary/eno) (bagus ary/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Kabupaten Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s