Kekeringan meresahkan peternak sapi perah

Jerami kering menjadi pakan sapi di musim kemarau.

Jerami kering menjadi pakan sapi di musim kemarau.


Kekeringan musim kemarau ini meresahkan peternak sapi perah di beberapa tempat di Kota Batu. Pasalnya mereka kesulitan mendapat rumput segar. Beberapa areal tanaman mengering sehingga sulit ditanami. Tidak hanya itu, rumput yang dulunya tumbuh liar di pekarangan rumah dan semak saat ini sulit dicari.

Matsafi’i, 52 tahun, peternak sapi perah di Kelurahan Pesanggrahan Kecamatan Batu mengaku, untuk mencari pakan sapi piaraannya dia dan anaknya harus keliling ke tempat-tempat yang dianggap banyak pakan, walau pun pakan itu tidak layak. ”Seadanya, walaupun jerami kering kayak ini tidak apa-apa. Asalkan sapi saya makan,” tuturnya saat di temui di kandang sapi piaraannya kemarin.

Bapak yang mempunyai 10 ekor sapi ini mengatakan, kekeringan di musim kemarau membuat sapi perahnya hanya bisa menghasilkan 15 liter susu dengan dua kali perasan per harinya. Tentunya berbeda di musim penghujan. Mudahnya mencari pakan untuk 3 ekor sapi produktifnya itu bisa menghasilkan sampai 35 liter per hari.

Tetapi untuk harga susu tetap sama seperti di musim gampangnya rumput, yaitu Rp 3200 per liter harga di peternak. Menurut bapak dengan satu anak ini, perolehan susu dengan harga seperti itu hanya cukup untuk membeli pakan lainnya. ”Sekarang, perolehan susu hanya cukup untuk beli pakan sapinya, tidak cukup untuk biaya hidup keluarga, apalagi sampai nabung,” tuturnya.

Dengan sulitnya mencari pakan menyebabkan sapi piaraan Safi’i kurus, walaupun setiap harinya tidak pernah kekurangan pakanan. ”Saya memberi makan seperti biasa dua kali sehari siang dan sore. Tapi sapinya tetap tidak ada dagingnya, terpaksa mungkin makan jerami karena kelaparan,” katanya sambil tersenyum.(mg-z/eno) (muhaimin/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Batu, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s