15 SMP Lolos LPIR Nasional

Sebanyak 15 tim dari SMP di Kota Malang lolos di ajang Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) tingkat nasional. Sejak kemarin, perwakilan tim diundang khusus ke Jakarta untuk melakukan presentasi terhadap hasil penelitiannya.

Menurut Kasi Sarana Prasarana Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang, Kunti Nur Sasiati STP, prestasi itu cukup membanggakan bagi Malang. “Belum pernah sebanyak ini wakil kita di tingkat nasional. Namun tahun ini bisa sampai 15 tim yang diundang ke Jakarta. Ini adalah prestasi yang membanggakan,” ungkapnya.

Tim yang berangkat adalah dua tim dari SMPN 3 Malang, satu tim dari MTs Nurul Ulum, empat tim dari MTsN Malang I, satu tim dari SMPN 4, empat tim dari SMPN 10, satu tim dari SMPN 6, satu tim dari SMP Islam Sabilillah, satu tim dari MTs Surya Buana, satu tim dari SMPN 8 dan satu tim dari SMPN 1. Kelompok tersebut harus mempresentasikan hasil karya tulisnya dihadapan para juri sejak 11 Agustus kemarin hingga 15 Agustus mendatang.

“Untuk akomodasi ditanggung panitia. Hanya saja jika ada yang memilih menggunakan pesawat terbang untuk akomodasi hanya boleh memilih kelas ekonomi,” tuturnya.

Sebanyak 15 kelompok itu, kata Kunti, akan bersaing dengan 99 naskah terbaik di tingkat nasional. Harapannya jumlah tim yang cukup banyak ini membuat peluang Malang semakin terbuka lebar untuk menjadi juara. Apalagi beberapa judul karya ilmiah yang dibuat tim Malang juga cukup bagus.

Seperti yang ditulis Ayudya Tryastika dan kawan-kawan dari SMPN 3 Malang. Judul penelitiannya adalah Kemanfaatan Tanaman Lidah Buaya untuk Sabun Cuci Prabot dapur Organik. Ada pula karya yang cukup fenomenal, seperti ditulis tim SMPN 4 dengan judul karya ilmiahnya Pengaruh Pacaran Terhadap Siswa di sekolah. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

2 Komentar

Filed under Indonesia, Malang, Pendidikan

2 responses to “15 SMP Lolos LPIR Nasional

  1. selamat dan sukses untuk pemenang

  2. mega artika.

    mudah2 lebih sukses yaa , dan jadi kebanggaan indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s