D’Kill, Band Anak SMP yang Patut Dilirik


Malang masih sangat konsisten dan potensial menelurkan bakat-bakat baru di jalur musik rock. Selepas era Ian Antono, bumi Arema kini mulai diwarnai musisi-musisi rock muda bertalenta. Salah satunya, D’Kill.
Band yang digawangi Firgie (vocal), Buyung (vocal), Alif (guitar), Ardi (bass), Ibnu (keyboard), dan Arya (drum) ini memang terlihat masih ‘bau kencur’ di dunia musik rock, khususnya Malang Raya. Rata-rata mereka masih duduk di bangku SMP. Namun soal kemampuan, jangan disepelekan. Sederet prestasi pun sudah ditorehkan band yang baru setahun berdiri ini. Salah satunya menjadi juara satu Malang Post Band Competition 2008, 2 Agustus lalu.

“Band ini memang berdirinya dadakan. Setahun lalu ketika ada tawaran main di Dies Natalies Fakultas Hukum Brawijaya, saya mengajak anak saya, Alif, untuk manggung. Tapi tak mungkin ia main sendiri. Lalu saya juga mengumpulkan teman-teman sekolahnya di SMPN 1 Malang. Kebetulan mereka dulunya juga banyak yang satu SD,” papar Ibnu Heryawan, manajer D’Kill, kepada Malang Post.

Anak-anak yang dikumpulkan Hengky, sapaan akrabnya, memang tergolong sedikit ‘ngawur’. Ia mencomot anak yang dinilainya pernah dan bisa memainkan instrumen musik, meski sangat minim. Tak aneh jika di awal manggung ini, permainan mereka agak kacau. Harmonisasi tak berjalan maksimal karena minimnya waktu latihan dan komunikasi antar personel.

“Di acara ini, kami memainkan tiga lagu. Hapus Aku-nya Nidji, Rasa Ini-nya The Titans, dan Menghapus Jejakmu-nya Peterpan. Uh, kacau banget Mas,” imbuh Alif, sambil tersipu.

Meski begitu, mereka mendapat apresiasi yang cukup bagus dari penonton. Mungkin penonton masih maklum karena rata-rata usia mereka masih di bawah 15 tahun. Nama D’ Kill sendiri diperoleh dengan tak sengaja. Ketika akan manggung, mereka masih belum menemukan nama band yang cocok.
“Anak-anak dulu bingung, gimana nanti MC manggil nama band-nya. Lalu saya asal nyerocos saja. Bilang dekil (kotor) atau apalah. Eh, anak-anak malah suka. Akhirnya alfabetnya diganti sedikit biar lebih unik dan dipakai hingga sekarang,” terang Hengky.

Lain dengan artinya yang sedikit buruk, nama D’Kill justru meroket setahun terakhir ini. Mereka acapkali diundang manggung di berbagai even, mulai khitanan, pernikahan, hingga acara besar di beberapa stasiun TV lokal Malang dan Jawa Timur. Termasuk yang terbaru, D’Kill juga memeriahkan HUT ke 5 stasiun TV swasta pertama di Kota Batu, Batu TV, 16 Agustus kemarin.

“Kami sudah lebih dari 30 kali mendapat undangan tampil. Tapi kalau untuk ikut festival, kami baru tiga kali turut serta,” tambah gitaris d’Kross generasi pertama ini.

Meski baru tiga kali mengikuti festival musik, prestasi mereka tak main-main. Dalam keikutsertaannya yang pertama di festival musik pelajar SMA Dempo, mereka meraih Juara Harapan I. Performa mereka meningkat ketika tampil dalam festival musik pelajar di SMA Negeri 1 Singosari, akhir Mei. D’Kill mampu menyabet Juara Umum sekaligus Piala Bupati. Terakhir, ketika tampil sebagai Juara I dalam Malang Post Band Competition 2008, 2 Agustus lalu di depan Stasiun Kota Baru.

Influence terbesar mereka siapa lagi kalau bukan Godbless. Lagu-lagu karya band yang dimotori Ahmad Albar, Ian Antono, dan Donny Fatah ini sering mereka mainkan saat mengikuti festival. “Nggak tahu kenapa, musik anak-anak memang cenderung ke glamrock seperti Godbless. Tapi mereka juga sering mendengarkan musik-musik top 40 untuk menambah referensi,” urai pria ramah ini.

Band yang awalnya memakai seorang vokalis ini, menggeber latihan rutin sekali seminggu. Mereka biasanya ngejam bareng di rumah Hengky, Jalan Janti Barat Blok A No. 44, yang disulap menjadi studio mini.

“Daripada sound dibiarkan nganggur, lebih baik dimanfaatkan buat anak-anak latihan. Selain latihan, mereka juga saya wajibkan ikut les musik. Mereka juga harus punya alat sendiri untuk pembelajaran di rumah. Dengan cara ini, teknik bermain mereka bisa lebih berkembang. Tapi tetap, sekolah nomor satu,” imbuhnya, bijak. (mp4/lim) (Mpost)

1 Komentar

Filed under Malang, Musik

One response to “D’Kill, Band Anak SMP yang Patut Dilirik

  1. Anggrek

    Tolong, foto drummernya dipajang biar bisa dilihat public!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s