Mahasiswa Unisma Dipercaya LIPI Ciptakan Peraga Gempa

Prototipe alat peraga gempa karya mahasiswa Unisma yang dipercaya LIPI untuk dikembangkan.

Prototipe alat peraga gempa karya mahasiswa Unisma yang dipercaya LIPI untuk dikembangkan.

Mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma) dipercaya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Jakarta untuk membuat alat peraga gempa. Alat tersebut terus diperbanyak sebagai alat sosialisasi kepada masyarakat agar faham dengan proses alamiah itu. Sehingga tidak lagi muncul ketakutan jika gempa terjadi.

“Melalui alat ini, diharapkan sosialisasi tentang gempa bisa lebih mudah. Masyarakat bisa melihat langsung mengapa sampai terjadi gempa, dan bagaimana kondisi bumi saat itu,” kata Manager Tim Creative Technical Community (CTC) Universitas Islam Malang (Unisma) Sigit Eko Pramono kepada Malang Post, kemarin.

Alat gempa itu bentuknya tidak terlalu besar. Bahannya terdiri dari mika lembaran, pelat baja, perangkat elektronik, karet konveyor dan pasir pantai asli.

Sigit menguraikan awalnya tim Unisma yang terdiri dari 13 orang anggota mengirimkan proposal untuk bisa mendapatkan proyek pembuatan alat tersebut. Secara khusus mereka pun mendapatkan materi seputar perakitan alat tersebut. Setelah itu, barulah tim mendesain bentuk yang diharapkan oleh LIPI.

Saat prototipe jadi, LIPI memutuskan untuk memberikan proyek untuk memperbanyak jumlahnya kepada mahasiswa. Dengan memanfaatkan lab yang ada dan dibimbing oleh para dosen, sebanyak 12 alat diproduksi oleh mahasiswa. Per unit nya, ada dana sebesar Rp 6 juta yang dikucurkan LIPI.
“Ini adalah murni pengabdian masyarakat, jadi dana dari LIPI ini jumlahnya juga pas. Kami tidak mengharapkan lebih,” ungkapnya.

Melalui alat yang didesain mahasiswa tersebut, diharapkan masyarakat tidak lagi takut dengan gempa. Sebab itu adalah proses alamiah yang akan selalu terjadi. Jika terjadi masyarakat tidak lagi khawatir dan panik. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

1 Komentar

Filed under Berita, Malang, Pendidikan

One response to “Mahasiswa Unisma Dipercaya LIPI Ciptakan Peraga Gempa

  1. deni

    bikin-ny brp lama?, 1 unit habis dana brp?, kalau mau pesan caranya gimana?

    trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s