SMPN 5 Terapkan Belajar Online Melalui Website Intranet Sekolah

Siswa SMPN 5 Malang saat belajar di taman, bakal menikmati fasilitas program baru dengan sistem belajar online melaui website internal sekolah.

Siswa SMPN 5 Malang saat belajar di taman, bakal menikmati fasilitas program baru dengan sistem belajar online melaui website internal sekolah.

Tahun ajaran baru ini, SMPN 5 Malang mempunyai program baru, yaitu belajar online. Semua siswa bisa belajar materi di sekolah melalui website internal sekolah. Masing-masing siswa mempunyai password untuk bisa mengakses website tersebut. “Tahun ini pelajaran tidak menggunakan buku. Tapi semua materi sudah didownload di internet. Lebih praktis dan irit,” ungkap Kepala SMPN 5 Malang, Drs Hadi Hariyanto M.Pd kepada Malang Post, akhir pekan kemarin.

Hadi menuturkan, setiap guru di sekolah tersebut wajib membuat materi sebagai bahan ajarnya. Materi ini bisa diambil dari berbagai sumber yang ada. Sehingga bisa mendukung pembelajaran yang diberikan kepada siswa. Dengan demikian, siswa tidak perlu lagi dibebani untuk membeli buku sebab semuanya sudah terangkum dalam materi yang dibuat oleh guru. Hanya saja kalau ada siswa yang merasa perlu melengkapi dirinya dengan buku pegangan yang lain, sekolah pun tidak bisa melarang.

“Kalau siswa sendiri yang mau membeli buku tentu saja tidak bisa dilarang. Kecuali kalau sekolah memaksa dengan menyediakan di koperasi itu yang tidak boleh,” ungkapnya.

Dari rangkuman materi yang dibuat oleh guru setiap mata pelajaran ini, semuanya dionline-kan. Sehingga saat pembelajaran, kata Hadi, guru tidak perlu repot membawa buku, dan siswa juga bisa langsung mengaksesnya di fasilitas LCD yang ada di kelas. Hanya kendalanya saat ini belum semua kelas memiliki fasilitas LCD dan komputer. Sehingga ke depan ditargetkan semuanya sudah bisa terfasilitasi. “Untuk belajar dengan materi guru, siswa bisa mendownloadnya di lab komputer yang ada di sekolah. Layanan gratis untuk siswa dan biasanya kami buka sampai sore hari,” ungkapnya.

Bagi siswa yang di rumah memiliki fasilitas internet, lanjut mantan Kepala SMPN 4 Malang ini, juga bisa mengaksesnya. Fasilitas ini merupakan bentuk kemudahan yang diberikan kepada siswa.

Terkait program Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dilaunching Depdiknas, sejauh ini menurut Hadi belum dimanfaatkan optimal. Hanya saja, ia menyambut positif program tersebut, dan berguna untuk menambah referensi buku siswa. Bagi yang ingin menggandakan pun juga mudah saja, bisa diperbanyak dimanapun. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s